Bonsai Apel, Jenis dan Cara Membuatnya

  • Whatsapp
Bonsai Apel
Bonsai Apel/Flickr.com/Riche Chik

BONSAIKU – Bonsai apel menjadi salah satu jenis tanaman hias yang patut untuk kita miliki. Bentuknya yang begitu unik dan cantik membuat tanaman ini menjadi pemanis ruangan atau halaman rumah kita.

Apalagi jika bonsai apel yang kita miliki bisa berbuah dengan lebat, pasti akan terlihat lebih indah dan menggemaskan. Selain mempercantik rumah, bonsai apel jika sudah berbuah bisa kita rasakan pula buahnya.

Bacaan Lainnya

Bukan menjadi hal yang mustahil untuk menjadikan tanaman buah menjadi hiasan yang unik dan menarik.

Pasalnya tidak hanya bonsai apel saja yang bisa menjadi alternatif tanaman hias dari jenis buah, namun ada beberapa buah lain.

Contohnya saja ada bonsai durian, bonsai pisan, dan bonsai mangga. Bonsai-bonsai buah tersebut bahkan bisa berbuah.

Kini banyak masyarakat yang mulai tertarik dengan tanaman bonsai, salah satunya adalah bonsai dari jenis tanaman buah.

Hal ini sebab, bonsai tanaman buah bisa menhasilkan pohon yang pendek, namun memiliki buah yang lebat. Selain cantik juga banyak manfaat yang didapat, salah satunya adalah dengan memanfaatkan buahnya.

Apalagi ukurannya yang pendek akan memudahkan kita saat proses memanen.

Kali ini kita akan membahas seputar bonsai apel, tapi sebelum kita mengenal bonsai apel lebih jauh, kita kenalan dulu yuk dengan tanaman buah yang satu ini. Berikut adalah penjelasannya.

Jenis – Jenis Tanaman Pohon Buah Apel Untuk Jadi Bonsai

Buah apel memiliki nama ilmiah Malus domestica. Tanaman ini memiliki beberapa jenis yang mungkin saja tidak asing lagi bagi kita.

Dari mulai yang berwarna merah hingga berwarna hijau. Nah, berikut adalah beberapa jenis tanaman apel :

1. Apel Manalagi

Tentunya tidak asing lagi ya dengan nama manalagi, nama ini sering kita dengar menjadinama salah satu jenis mangga, tapi ternyata apelpun ada yang memiliki nama ini.

Apel jenis ini merupakan jenis apel yang berasal dari malang. meskipun masih muda apel jenis manalagi akan tetap memiliki rasa yang manis.

Selain rasanya yang manis, apel manalagi juga memiliki aroma yang begitu harum dengan daging buah berwarna putih, teksturnya sedikit liat dan kering. Kandungan air dari buah ini sekitar 84,05%.

Apel jenis ini sudah dianggap menjadi jenis apel lokal yang menguasai pasar apel domestik.

Apel manalagi memiliki ukurang yang bisa dibilang mungil dibandingkan jenis apel lainnya. Berbentuk bulat dan memiliki diameter sekitar 4-7 cm.

2. Apel Jonathan

Apel jenis ini memiliki bentuk lonjog menyeruoai trapesium terbalik dan memiliki lekukan pangkal buah yang cukup dalam dan sempit.

Buah apel jenis ini memiliki kulit yang berwarna merah tua dengan sedikit guratan warna hijau,tekstur kulitnya halus serta berukuran tipis.

Daging buah apeel jenis ini berwarna kekuningan, rasanya masam namun menyegarkan. Selain rasanya yang menyegarkan, aroma apel jenis ini juga cukup tajam.

3.  Apel Rome Beauty

Apel jenis ini sudah cukum dikenal di tanah air dan buah ini juga menjadi salah satu jenis yang banyak ditanam di Malang dengan presentase 70%.

Buah apel jenis ini memiliki yang masam namun menyegarkan. Kulit apel rome beautymemiliki warna merah berbintik hijau dan memiliki ukuran yang cukup tebal.

Apel jenis ini memiliki keunikan pada warna kulitnya karena kulit apel jenis ini memiliki warna merah hanya pada bagian yang terkena matahari.

Sedangkan bagian apel yang tidak terkena sinar matahari akan berwarna hijau. Apel jenis ini memiliki buah yang berwarna putih kekuningadengan struktur yang keras serta kasar.

Aromanya tidak terlalu kuat, bahkan bisa tidak beraroma. Rasaynya yang manis masang cukup menyegarkan, apalahi dengan kandungan air hingga 86,65%.

4. Apel Granny Smith

Jenias apel yang satu ini berasal dari Australia. Apel granny smith memiliki rasa yang tawar atau bahkan masam karena rasanya yang kurang , sering kali buah ini dijadikan buah olahan.

Meskipun buah asal Australia ini memiliki rasa yang tawar cenderung masam, jinis apel ini yang ditanam di Indonesia memiliki rasa yang lebih manis.

Apel ini berbentuk bulat kerucut dan memiliki ukuran yang cukup besar. Kandungan air pada apel smith cukup banyak dengan daging buah berwarna putih serta kulit buah berwarna hijau cerah.

Tekstur buah apel smith bertekstur agak keras namun sedikit renyah.

5. Bonsai Apel Fuji

Fuji cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia. Apel yang berasal dari Amerika inimerupakan apel hasil persilangan antara dua jenis apel Amerika, yaitu antara apel jenis red delicius disilangkan dengan apel rawels jannet.

Uniknya, warna apel fuji ini bergantung pada suhu dimana tempat apel itu tumbuh.  Di Jepang sendiri apel jenis ini memiliki warna merah yang cerah.

Sedangkan apel yang ditanam di Indonesia, khususnya di Malang, kulit buak apel jenis ini berubah menjadi warna merah hijany kecoklatan.

Meskipun memiliki warna yang berbeda, namun , kedua warna itu tetap sama-sama memiliki rasa yang manis dengan nuansa masam yang menyegarkan.

Daging buahnya memiliki warna putih yang kekuningan, berair dan bertekstur renyah.

6. Apel Red Delicious

Apel jenis ini bisa dengan mudah bita temukan, baik di pasar swalaya maupun pasar tradisional. Jenis apel yang satu ini sudah menjadi salah satu buah yang paling terkenal di dunia.

Buah apel red delicious memiliki ukuran yang besar dan bentuknya yang menyerupai hati. Seperti namanya, kulit apel jenis ini berwarna merah tua dengan daging buah yang berwarna putih.

Teksturnya yang renyah membuat tanaman ini lebih cocok untuk dimakan langsung. Selain teksturnya yang renyah, buah ini juga memiliki rasa yang manus serta kandungan air yang banyak yang menambah kenikmatan jika dimakan langsung.

7. Apel Golden Delicious

Buah apel yang berukuran cukup besar ini berasal dari Amerika. Kulit buah ini memiliki warna kekuningan dengan bentuk bulat dan ujungnya yang tumpul.

Apel ini beraroma harum dan memiliki rasa manis sedikit masam menyegarkan. Apel jenis ini sebaiknya diolah sebelum dikonsumsi karena kulitnya yang tipis membuat apel ini mudal layu dan memar.

Selain jenis-jenis apel diatas, tentunya masih ada lagi jenis-jenis apel yang bisa kita bonsai. Nah setelah mengenal jenis-jenis apel sekarang kita akan membahas tentang bonsai apel.

Cara Menanam dan Membuat Pohon Apel Jadi Bonsai

Ada beberapa tahapan, terkait tata cara menanam dan membuat pohon apel menjadi tanaman bonsai. Berikut beberapa hal yang bisa kita pelajari:

1. Persiapan Bibit Bonsai Apel

Untuk pembibitan, bisa dilakukan secara vegetatif maupun generatif, namun sebaiknya pembibitan bonsai menggunakan cara vegetatif karena jika dengan cara generatif kerap kali menyimpang dari induknya.

Pembibitan secara generatif dilakukan dengan menggunakan biji sedangkan vegetatif menggunakan cara cangkok atau okulasi.

Pilih bibit yang memiliki batang dan perakaran yang luas. Pohon harus kokoh dan mudah beradaptasi. Harus terlihat memiliki sifat-sifat unggul.

2. Persiapat tempat dan media tanam

Siapkan pot kramik yang cukup luas se5rta siapkan mesia tanam berupa tanah gunung hitam sebanyak 50%, pasir 20%, kompos 20%, dan pupuk kandang yang telah matang 20%.

3. Cara Menanam dan Merawat Bonsai Apel

Setelah semuanya sudah siap, tanam bibit bonsai apel dan lakukan perawatan. Pohon apel membutuhkan kelembapan diatas 75%.

Jadi, pastikan media tanam rutin disiram untuk menjaga kelembapannya, namun jangan terlalu tergenang. Pastikan pohon apel mendapatkan matahari pagi.

Lakukan pemupukan secara bertahap, gunakan pupuk bonsai terbaik. Jangan lakukan pemupukan secara berlebihan karena akan merusak akar. Pupuk mempercepat pertumbuhan bonsai.

Selain itu, bonsai apel juga harus dilakukan pemangkasan ssecara berkala agar diperoleh ukuran yang berimbang serta tetap terjaga kerapihannya.

Itulah sedikit informasi tentang pohon apel dan bonsai apel. Semoga Membantu. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar