Bonsai Duranta: Sinyo Nakal, Harga dan Kegunaannya

  • Whatsapp
Bonsai Duranta
Bonsai Duranta/Pixabay/Shimmeringsue

BONSAIKU – Jika saat ini Anda berkeinginan untuk menanam bonsai, maka bonsai duranta dapat menjadi pilihan yang sangat pas. Cara penanaman yang mudah dan proses perawatannya yang sederhana tentu tidak akan merepotkan sang empunya.

Di Indonesia, tanaman yang memiliki nama ilmiah Duranta Erecta L ini lebih akrab dengan sebutan sinyo nakal atau anak nakal. Pohon duranta atau sinyo nakal adalah spesies tanaman dari keluarga Verbenaceae yang biasa digunakan sebagai komponen taman atau pagar hidup.

Bacaan Lainnya

Bagi sebagian orang, nama pohon duranta mungkin terdengar asing. Padahal, pohon ini banyak terdapat di perkebunan, di semak belukar, bahkan di pinggir jalan. Ketika berbuah dan berbunga, pohon ini terlihat mencolok dan berbeda dengan pohon lainnya.

Duranta bisa menjadi pilihan sebagai jenis tanaman bonsai liar yang dijadikan tanaman hias sebagai percantik halaman rumah Anda. Tak kalah cantik seperti bonsai lantana, bonsai serut, dan jenis bonsai lainnya.

Untuk memahami lebih dalam tentang bonsai duranta, berikut ini kami sampaikan gambaran pohon duranta atau sinyo nakal, harga bonsai duranta, bonsai duranta juara, dan kegunaannya. Simak penjelasan di bawah ini ya!!

Pohon Duranta atau Sinyo Nakal

Pohon Duranta berasal dari daerah Amerika Tengah yang kemudian menyebar ke beberapa negara beriklim tropis, termasuk Indonesia. Di beberapa tempat seperti Australia, Afrika Selatan, dan Oceana, tanaman ini menjadi spesies invasif atau gulma.

Untuk diketahui, bahwa, pertumbuhan pohon duranta membentuk perdu tahunan atau semak yang tingginya bisa mencapai 4-6 meter. Maka inilah yang kerap disebut salah satu jenis tanaman liar di Indonesia dijadikan bonsai.

Pohon duranta memiliki beberapa kultivar berupa tanaman pembatas atau tanaman pagar. Kultivar adalah hasil seleksi sekelompok tumbuhan yang memiliki ciri khas dan perbedaan dengan kelompok lainnya.

Kultivar dari duranta atau sinyo nakal yaitu duranta erecta alba, sapphire showers, variegeta, aurea, gold mound, aussie gold, dan geisha girl.

Pohon duranta yang berusia tua memiliki duri-duri kecil yang tidak tumbuh saat pohon ini masih muda.

Bonsai Duranta Juara

Bonsai Duranta
Bonsai Duranta/Pixabay/Shimmeringsue

Pohon duranta yang dijadikan bonsai memiliki keunikan yang menonjol pada bagian bunga dan buahnya. Bunganya terletak di bagian batang dan tumbuh berkelompok dengan warna lavender atau biru muda. Bunga-bunga ini bermekaran hampir sepanjang tahun.

Sedangkan buahnya memiliki kulit yang sedikit lunak dan mengandung beberapa biji yang keras. Buahnya berbentuk bulat kecil dengan diameter sekitar 5-8 mm. Ketika masih muda, buahnya akan berwarna hijau dan ketika sudah mulai tua, buahnya berubah warna menjadi orange atau kuning.

Sementara itu, daun bonsai duranta berwarna kuning atau hijau, tergantung pada jenis spesies dan kondisi lingkungan tempat ia tumbuh. Daunnya cenderung berbentuk oval dengan ukuran sekitar panjang 7.5 cm dan lebar 3.5 cm dan agak bergelombang di bagian tepinya.

Cara menanam bonsai duranta juara bisa dikatakan cukup mudah. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah stek batang. Media tanam yang digunakan adalah tanah yang cenderung lembab dan kering.

Untuk cara pemeliharaannya cukup mudah. Tanaman ini memerlukan penyiraman yang cukup dan pemupukan dasar bonsai secukupnya. Akan tetapi, cara pemupukan bonsai harus Anda pahami.

Ingat, tanaman ini tidak toleran terhadap suhu dingin atau embun beku. Bonsai duranta juara akan tumbuh subur jika mendapat pencahayaan matahari yang pas.

Bonsai duranta juara tidak membutuhkan perhatian terlalu detail agar bisa tumbuh dengan baik. Namun, satu hal yang tetap harus diperhatikan adalah pemangkasan.

Anda harus rutin memangkas daun-daunnya supaya tetap rapi mengingat pertumbuhan daunnya yang cepat dan bisa membentuk semak.

Harga Bonsai Duranta

Berbicara tentang harga bonsai seperti tidak ada habisnya. Perlu kita ketahui bahwa bonsai merupakan salah satu tanaman yang memiliki seni dan keunikan tersendiri. Seperti contohnya saja bonsai kelapa dan bonsai serut. Tak heran rasanya jika setiap jenis bonsai memiliki harga yang berbeda-beda.

Begitu pun dengan harga bonsai duranta. Harga bahan bonsai, dan bonsai durata yang sudah tumbuh tentu tidak dapat disamakan. Untuk harga bahan bonsai durata berkisar antara Rp 25.000,00 – Rp 600.000,00. Sedangkan untuk harga bonsai durata juara yang sudah tumbuh berkisar antara Rp 800.000,00 – Rp 2.000.000,00.

Untuk lebih detailnya, Anda dapat melihat berbagai model bonsai duranta dan harganya pada beberapa marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak, lazada, dll. Pada umumnya, harga setiap toko akan berbeda-beda. Hal ini karena harga bonsai tergantung pada kualitas dan seni bonsai itu sendiri.

Perbandingan Bonsai Sinyo Nakal Juara dan Bonsai Sinyo Nakal Hijau

Meskipun keduanya memiliki banyak persamaan dan termasuk jenis bonsai sinyo nakal atau bonsai duranta . Namun bonsai sinyo nakal juara dan bonsai sinyo nakal hijau memiliki beberapa perbedaan. Sebagian masyarakat melihat perbedaan keduanya dari segi warna daunnya.

Sesuai namanya, bonsai sinyo nakal hijau identik dengan daun berwarna hijau cerah. Tak sedikit masayarakat yang menyebutnya ‘teh-tehan’, khususnya pada daerah masyarakat jawa. Mengapa demikian? karena ketika pohon sinyo nakal ini tumbuh subur, ia dapat menjadi tanaman pangkas seperti di perkebunan teh.

Sementara itu, bonsai sinyo nakal juara identik dengan daun berwarna kekuningan. Namun tak menutup kemungkinan ada juga yang berwarna hijau.

Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa kepekatan warna daun bonsai sinyo nakal ini bergantung pada kondisi cuaca dan jenis spesiesnya.

Kegunaan Dureta atau Sinyo Nakal

Jika Anda memiliki tanaman dureta atau sinyo nakal, maka Anda termasuk salah satu orang yang beruntung loh. Mengapa demikian? tentu karena tanaman ini memiliki banyak manfaat bagi pemiliknya. Baik dari segi keindahan maupun kesehatan.

Secara tradisional, tanaman ini biasa digunakan untuk menjadi tanda batas-batas pekarangan. Selain itu, ia juga bisa dijadikan tameng untuk mengusir serangga. Manfaat lain yang dapat dirasakan adalah dari segi kesehatan.

Bagian tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan yaitu buah dan daunnya. Perlu kita ketahui bahwa ternyata buahnya bermanfaat untuk mengobati penyakit malaria dan memperlancar air seni. Sedangkan bagian daunnya, sangat bermanfaat untuk obat bengkak dan obat memperlancar peredaran darah.

Itulah penjelasan singkat tentang bonsai duranta atau sinyo nakal. Mulai dari gambaran umum pohon duranta, harga, perbandingan sinyo nakal, tips perawatan dll. Semoga bermanfaat. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *