Bonsai Kelapa Media Air, Ini Cara Mudah Menanamnya

  • Whatsapp
Pupuk Bonsai Kelapa Media Air
Tangkapan Layar Bonsai Kelapa Media Air/Youtube/Dek Dwi Payadnya

BONSAIKU – Bonsai kelapa media air adalah salah satu tanaman hias yang bisa menjadi pengisi keindahan di sekitar rumah Anda. Ini adalah salah satu jenis dan gaya bonsai dari media pohon kelapa.

Ada banyak keunikan dari salah satu jenis bonsai kelapa yang satu ini, bahkan ia memiliki ciri yang amat menonjol, utamanya dengan bentuk batok kelapa yang mudah dikenali oleh siapapun.

Bacaan Lainnya

Semakin unik bonsai kelapa ini maka harga jualnya akan semakin tinggi. Ciri khasnya adalah pohon kelapa yang pendek.

Artinya ketika dijadikan bonsai, kelapa ini tidak terlalu besar dan tinggi, sehingga bentuknya cukup unik, utamanya ada kelapa yang bertunas dengan media air.

Banyak rumah-rumah minimalis, rumah makan atau resto yang berkonsep alam hadir jenis bonsai kelapa media air ini. Kenapa? Ini tak hanya sekadar mempercantik, namun juga memberikan kesan alam yang terlihat natural.

Kendati terlihat rumit dalam membuat bonsai kelapa dengan media dari air ini, namun secara perawatan cukup mudah.

Apalagi bisa mempertahankan kecantikannya, maka nilai jual bonsai kelapa ini bisa menjadi yang termahal dari jenis bonsai kelapa lainnya. Saat ini diperkirakan harganya mencapai Rp400 Ribu – Rp1 Juta rupiah.

Jika Anda tertarik maka bisa melakukan beberapa tahapan cara-cara berikut ini, dari bagaimana kita menyiapkan media tanam bonsai kelapa di media air, cara budidaya bonsai kelapa, sampai penggunaan aquraium, dan lainnya.

Tak hanya itu saja, cara menyuburkan bonsai kelapa juga tak luput harus kita perhatikan secara detail, agar pertumbuhan bonsai tetap baik dan maksimal.

Demikian ketika kita sedang menggunakan cara agar akar bonsai kelapa cepat panjang untuk semakin meningkatkan kesan uniknya.

Cara Budidaya Bonsai Kelapa Media Air, dari Menanam & Perawatan

Pupuk Bonsai Kelapa Media Air
Tangkapan Layar Bonsai Kelapa Media Air/Youtube/Dek Dwi Payadnya

Bicara soal budidaya bonsai kelapa, kita akan mempelajari tentang menanam dan cara merawat. Termasuk yang menggunakan media air.

Meski kita juga ketahui, pada umumnya bonsai kelapa kerap menggunakan media tanah untuk ditanam. Lalu apa perbedaan bonsai kelapa media air dengan tanah?

Jawabannya sederhana, perbedaan kedua media tanam ini adalah pada hasil perkembangan atau pertumbuhan akar dan batangnya.

Jadi untuk perkembangan batang bonsai kelapa yang tumbuh pada media air ini diketahui dan kerap disebut cukup lambat. Demikian pada batang yang dihasilkan tampak kecil dan kurus.

Hanya saja, ada kelebihan ketika kita menanam bonsai kelapa dengan media air? Kelebihannya terletak pada perkembangan akarnya.

Sehingga, ketika kita menggunakan media air ini, akar yang dihasilkan akan kuat dan panjang. Untuk itu, media air sangat cocok untuk memperindah bagian akar bonsai.

Dengan demikian akar yang kuat itu akan lebih mencolok dan terlihat keunikannya, sama halnya dengan bonsai serut akar terbalik.

Sementara itu, untuk bonsai kelapa media tanah ini ada pada kebalikannya. Perkembangan akar bonsai kelapa media tanah ini tidak terlalu cepat dan hasil perakarannya tidak terlalu kuat.

Hanya saja untuk kelebihan bonsai kelapa dengan menggunakan media tanam tanah terletak pada perkembangan batangnya.

Hal ini akan terlihat jelas bahwa batang bonsai kelapa media tanah lebih besar dan kuat dari pada yang menggunakan media air.

Cara Menanam Bonsai Kelapa Media Air

Bonsai Kelapa
Ilustrasi Bonsai Kelapa Menjadi Penghias Halaman/Pexels/Sabel Blanco

Beberapa hal yang bisa dipelajari tentang bagaimana cara menanam dengan media air ini. Berikut tahapan-tahapannya:

1. Pilihlah jenis kelapa terbaik untuk dibonsai

Bonsai kelapa yang kuat dan indah tentu berasal dari jenis kelapa yang berkualitas. Beberapa jenis kelapa yang dapat Anda pilih untuk bonsai yaitu kelapa albino, kelapa gading susu, dan kelapa gading merah.

2. Pilih bibit unggul kelapa untuk jadi bahan bonsai

Bibit kelapa yang bagus adalah bibit yang sudah memiliki tunas. Selain itu, pilih bibit dari kelapa tua yang memiliki batok kecil dan akar tebal.

3. Pastikan serabut bersih ketika akan ditanam

Pembersihan serabutnya dapat Anda lakukan dengan mengupasnya secara perlahan-lahan. Hal ini dilakukan agar akarnya tetap bagus dan tidak rusak.

Perlu diperhatikan, bahwa serabut yang dikupas tadi jangan dibuang terlebih dahulu karena akan digunakan pada step selanjutnya.

4. Lakukan pembersihan batok kelapa

Setelah bersih dari serabut, amplas bagian kelapa agar semakin terlihat bersih. Lalu tutup bagian kelapa dengan serabut yang sebelumnya sudah terkupas.

Langkah ini dilakukan untuk membantu kelapa beradaptasi dengan media barunya.

5. Proses Menanam Bonsai Kelapa dengan Menggunakan Media Air

Sebelum menanam bonsai kelapa, pastikan Anda sudah menyiapkan wadah yang dibutuhkan seperti botol aqua atau toples bening, dan lain-lain.

Jika sudah, letakkan bakalan kelapa yang sudah bersih ke dalam wadah tersebut. Kemudian isi wadah tersebut dengan air.

Ingat, Anda harus rutin mengganti atau menambahkan air selama menambahkan atau mengganti air jika airnya mulai berkurang. Hal ini agar bonsai kelapa tidak kekurangan nutrisi dan tetap tumbuh dengan sehat.

Itulah langkah-langkah sederhana apabila Anda ingin menanam bonsai kelapa untuk jenis ini.

Selain menggunakan wadah botol aqua atau toples bening, Anda dapat berkreasi dengan membuat bonsai kelapa media air aquarium.

Bonsai kelapa pada media ini akan terlihat lebih elegan dan cantik karena terdapat ikan-ikan hias sebagai pelengkapnya.

Teknik Pemupukan dan Perawatan Pada Bonsai Kelapa

Pupuk Mempercepat Pertumbuhan Bonsai
Pupuk Mempercepat Pertumbuhan Bonsai/Pixabay/Perkons

Selain mengetahui cara budidaya bonsai kelapa media air, Anda juga harus mengetahui cara merawat, salah satu perawatan adalah pada proses pemupukan.

Pupuk mempercepat pertumbuhan bonsai, dan kita bisa dapatkan banyak jenis pupuk bonsai terbaik di pasaran atau kita buat secara alami dari bahan-bahan yang tersedia di sekitar kita.

Karena penggunaan pupuk kompos dan pupuk organik pada bonsai kelapa juga banyak digunakan para pemilik bonsai kelapa ini.

Salah satu pupuk alami penyubur bonsai kelapa yang dapat Anda gunakan yaitu campuran air dan garam.

Mengapa garam? karena garam mengandung unsur natrium dan klorida yang dapat mendukung pertumbuhan bonsai kelapa. Baik bagi akar, daun, maupun batangnya.

Namun ada juga upaya pemberian micin untuk pupuk bonsai. Namun pelajari lebih lanjut akan manfaat dan efek samping dari penggunaanya.

Jenis pupuk selanjutnya yang bisa dijadikan pilihan adalah pupuk NPK. Pupuk ini merupakan jenis pupuk kimia dengan kandungan Nitrogren, Fosfor, dan Kalium. Kita bisa dapatkan ini di warung-warung pertanian.

Untuk pemupukan pada bonsai kelapa, pupuk NPK bisa menjadi salah satu pilihan yang bagus karena kandungannya mampu membantu pertumbuhan bonsai dengan cepat.

Ingat, takaran yang diberikan juga harus pas agar menghasilkan akar, daun, dan batang yang sehat.

Ini penting, Anda harus perhatiakan tentang cara pemupukan bonsai yang baik dan benar, serta dilakukan dengan dosis pupuk yang tepat. Anda juga bisa gunakan pupuk kompos organik untuk bonsai kelapa anda ini.

Cara Agar Akar Bonsai Kelapa Cepat Panjang

Akar merupakan salah satu bagian bonsai kelapa yang memiliki nilai estetika. Terlebih lagi jika akarnya panjang dan lebat. Variasi bonsai kelapa seperti ini bisa memiliki harga jual yang tinggi.

Lalu, bagaimana cara agar menghasilkan akar bonsai kelapa yang cepat panjang?

Sebagaimana penjelasan sebelumnya bahwa media tanam air bisa menghasilkan kualitas akar yang kuat dan panjang. Media tanam yang digunakan dapat mempengaruhi hasil akarnya.

Untuk mengasilkan akar panjang pada bonsai kelapa media air, ada dua metode yang dapat Anda gunakan yaitu metode batok nungging dan metode batok gurita.

Artinya masih ada ilmu dasar dalam membuat bonsai kelapa yang bisa kita pelajari lebih lanjut. Untuk metode batok nungging adalah metode yang mengatur posisi batok kelapa mirip seperti orang yang sedang nungging.

Sedangkan metode batok gurita adalah metode yang mengatur posisi batok kelapa mirip seperti bentuk gurita.

Jika Anda ingin mendalami lebih lanjut tentang bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan apabila menggunakan kedua metode di atas, maka Anda dapat melihatnya pada channel You Tube  yang berkaitan.

Itulah penjelasan seputar media tanam bonsai kelapa, cara budidaya bonsai kelapa media air, cara agar akar bonsai kelapa cepat panjang dan lain sebagainya.

Demikian yang bisa disampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *