Bonsai Lantana, Ini Tips Agar Berbunga Lebat

  • Whatsapp
Bonsai Lantana
Ilustrasi Bonsai Lantana/Pixabay/valtercirillo

BONSAIKU – Bonsai lantana, merupakan tanaman liar yang berhasil dikerdilkan dan diubah menjadi bunga indah. Tanaman lantana sangat cocok dijadikan bonsai karena batangnya yang unik, tampilannya yang cantik dan masih mudah ditemukan di alam.

Lantana berasal dari daerah tropis di benua Amerika, dan memiliki nama ilmiah dengan sebutan Lantana camara. Di alam liar, lantana memiliki bentuk seperti semak berukuran kecil yang bisa tumbuh hanya mencapai ketinggian 2 meter saja.

Bacaan Lainnya

Dalam dunia pertanian, lantana biasanya menjadi gulma yang dapat mengganggu tanaman para petani. Walaupun lantana terkenal sebagai gulma dan kerap kali disingkirkan karena dianggap menjadi parasit, lantana ternyata memiliki banyak manfaat loh.

Lantana bisa dimanfaatkan sebagai obat luka, obat keracunan makanan, bahkan latana bisa juga digunakan untuk meredakan pendarahan pada penderita kanker rahim.

Tanaman ini akan tumbuh baik dan subur jika ditanam di daerah dengan ketinggian 17.000 meter diatas permukaan air laut. Pohon latana memiliki daun yang bertekstur kasar serta tepi yang bergerigi.

Buah pohon latana berwarna hitam dan memiliki bunga berwarna jingga atau merah muda. Selain warna jingga dan merah muda, lantana juga memiliki banyak jenis warna. Berikut adalah tujuh warna pada bunga lantana :

7 Warna Pada Bunga Lantana

Banyak pecinta bonsai yang berkreasi dengan tanaman lantana dikarenakan beberapa faktor diantaranya karena lantana mudah ditanam dan mampu beradaptasi dengan kondisi Lingkungan yang cukup ekstrim.

Selain itu, perawatan bunga lantana juga tergolong cukup mudah. Untuk mendapatkan kturunan baru yang variatif dan menarik, bisa dilakukan penyilangan dari berbagai jenis tanaman latana yang memiliki warna bunga yang berbeda.

  • Ungu, bagi warna ini jarang sekali ditemukan, hal itu dikarenakan latana berwarna ungu sangat sulit dilakukan penyetekan dan gampang mati. Pertumbuhan stek dari warna bungaungu juga cukup lambat, hal ini berdasarkan keterangan para seniman bonsai lantana.
  • Kuning Polos, warna yang satu ini cukup mudah ditemui. Di Indonesia, bunga lantana dengan warna kuning paling umum ditemui.
  • Kuning Langsat, latana dengan warna ini paling umum ditemui dikebun-kebun dan umumnya memiliki daun yang lebar.
  • Putih Keunguan, lantana dengan warna ini merupakan hasil persilangan antara bunga berwarna putih dengan bunga berwarna ungu. Latana dengan waarna putih keunguan memiliki daun yang lebih sempit.
  • ¬†Merah, Latana merah umumnya memiliki daun yang cukup lebar. Warna merah ternyata cukup sulit untuk didapatkan.
  • Warna Putih Kemerah-merahan, latana dengan warna ini merupakan hasil persilangan antara latana putih dengan latana merah. Daun dari latana putih kemerah-merahan memiliki daun yang cenderung lebih sempit,
  • Latana Warna Putih Polos, latana dengan warna ini biasanya dikombinasikan dengan berbagai warna.

Cara Membuat Bonsai Lantana

Bonsai Lantana
Ilustrasi Bonsai Lantana/Pixabay/valtercirillo

1. Persiapkan Bakalan Bunga Lantana

Lakukan Pendongkelan bakalan bonsai bunga lantana sampai akarnya yang ada didalam tanah. Setelah berhasil mendongkel bakalan dengan tanahnya, rapihkan batang dan akar.

Potonglah akar yang sekiranya terlalu melebar sampai akar bisa masuk kedalam pot. Potong batang-batang yang terlihat terlalu panjang.

Setelah perapihan selesai, akar dibersihkan dari tanah dan dicuci dengan air. Selain akarnya yang dicuci dengan air, batangnya juga dibersihkan dengan air.

Sikat bagian batang dan akar, penyikatan bisa menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai lagi.Setelah bersi, potong akar-akar serabut yang masih tersisa untuk menghindari pembusukan.

2. Persiapan Media Tanam Lantana

Media untuk menanam bonsai bisa menggunaka pasir sungai yang dicampur dengan sekam padi. Pperbandingan antara keduanya adalah 1:1 . Aduk bersamaan kedua media itu sampai tercampur rata.

3. Cara Menanam Lantana

Setelah media tanam bonsai siap semua, siapkan pot yang akad digunakan. Usahakan pot yang digunakan memiliki lubang di bagian bawah.

Masukan beberapa bagian media tanam kedalam pot, lalu letakan bangkalan diatasnya. Masukan lagi media tanam yang tersisa untuk menutupi akar sampai ujung batang bagian bawah.

Pembentukan Bonsai Lantana

Pembentukan bonsai latana dilakukan  jika pohon lantana sekiranya sudah seimbang dan siap dijadikan bonsai. Sebelum melakukan pembentukan bonsai lantana, langkah awal yang harus kita lakukan adalah menyiapkan konsep. Siapkan kosep apa yang ingin kita bentuk dan kita ingin membentuk bonsai kita menjadi seperti apa.

Setelah kita tau bentuk bonsai yang kita inginkan, kita pangkas beberapa cabang yang sekiranya tidak kita perlukan. Sisakan cabang-cabang yang akan kita kendalikan pertumbuhannya. Bentuk cabang dengan melilitkan kawat dibatang yang ingi kita bentuk. Bisa dirundukan atau ditegakan sesuai keinginan kita.

Dalam melakukan pembentukan bonsai lantana kita perlu berhati-hati karena tanaman ini memiliki duri dibatangnya. Jika tidak berhati-hati tangan kita bisa saja terluka.

Kendala dalam pembentukan bonsai lantana adalah karena cabang bonsai lantana tumbuh secara sejajar. Sehingga kita harus rajin-rajin memotong cabang baru yang masih muda.

Cabang-cabang muda yang jarang kita pangkas, nantinya akan mimiliki daun yang berjarak cukup jauh. Namun, jika kita sering pangkas pohon akan memiliki daun yang rapat.

Bonsai memiliki berbagai macam warna. Jika kita ingin memiliki bonsai lantana dengan warna kombinasi dalam satu pohon, kita bisa membuatnya dengan melakukan sambung pucuk tanaman lantana lain yang memiliki warna berbeda.

Perawatan Lantana Agar Berbunga Lebat

Setelah bonsai lantana subur, letakan ditempat yang memiliki cukup cahaya sinar matahari. Lakukan penyiraman. Selain penyiraman, lakukan pemupukan dengan pupuk bonsai terbaik agar pertumbuhan lantana bisa lebih maksimal.

Jika ada bagian bunga yang sudah hanya meninggalkan tangkainya, dalam artian bunga itu sudah gugur, tapi tangkainya masih menyatu dengan batang harus dipotong. Pemotongan ini akan membantu mempercepat proses perbungaan.

Jika ingin percabangannya lebih rapat, lakukan pemotongan daun. Nanti diharapkan muncul tunas-tunas baru disetiap pangkal daun yang sudah kita pangkas.

Bunga yang sudah layu sebaiknya dipotong agar pendistribusian hasil fotosintesis lebih maksimal pada bagian yang masih sehat.

Perlakuan Lantana

Hal pokok yang perlu diketahiui adalah bunga lantana termasuk bunga yang rakus akan air, jadi kita harus memberikan asupan air yang cukup.

Kita harus membuang tunas-tunas yang tidak bermanfaat agar pertumbuhan lebih maksimal. Jika ada rumput media tanam bonsai harus dibuang agar tida berebutan nutrisi antara bonsai dan rumput.

Agar tanaman ita berbunga serempak, kita bisa menggunakan micin ataupun pupuk NPK mutiara. Untuk pot ukuran 50 x 50, kita cukup menggunakan dua sendok.

Taburkan dimedia tanan di sekeliling pohon lantana. Atau juga bisa dilarutkan dengan air yang akan disiramkan. Setelah berbunga dan bungana rontok, akan tersisa tangkai bunga yang berbentuk seperti pentolan. tangkai bunga itu harus dibuang agar pertumbuhan bunga lebih maksimal.

Itu tadi adalah beberapa tips agar lantana tumbuh dengan baik dan memiliki bunga yang lebat. Meskipun tumbuhan ini liar, jika kita bisa mengkreasikan tanaman ini bisa menjadi tanaman yang cantik dan memiliki nilai tinggi. Semoga bermanfaat. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *