Bonsai Mangga Cepat Berbuah, Ini Rahasianya

  • Whatsapp
Bonsai Mangga Cepat Berbuah
Ilustrasi Bonsai Mangga Cepat Berbuah/Pixabay/Axe77

BONSAIKU – Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan pada tanaman bonsai mangga yang dimiliki agar cepat berbuah? Bonsai mangga adalah salah satu jenis bonsai dari tanaman buah.

Bahkan ini bukan menjadi rahasia lagi, tanaman bonsai di Indonesia kini sedang digemari masyarakat. Tak hanya bonsai mangga saja, dari jenis bonsai buah ada bonsai durian, bonsai pisang, bonsai kelapa dan jenis lainnya yang menjadi koleksi tanaman hias dan diharapkan buahnya.

Bacaan Lainnya

Bonsai mannga sama seperti tanaman mangga yang lazim kita temui, hanya saja bonsai mannga memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih cepat berbuah.

Banyak pecinta bonsai yang ingin memiliki, bahkan berkreasi dengan bonsai. Tak jarang dari mereka yang ingin mempunyai pohon buah dalam ukuran kecil, namun berbuah lebat.

Dari keinginan itulah, banyak orang yang mencoba untuk membuat bonsai dari pohon buah, seperti pohon mangga yang akan kita bahas pada artikel ini.

Mangga merupakan salah satu buah lokal yang banyak degemari masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis dan jenisnya yang beragam membuat penikmat mangga memiliki banyak pilihan.Tidak hanya mangga, ada juga bonsai kelapa dan bonsai durian.

Banyak sekali manfaat tanaman bonsai yang bisa kita dapatkan. Membuat tanaman bonsai membantu kita untuk menuangkan kreativitas kita, dengan keindahannyapun, bonsai bisa memberikan kesan kebahagiaan untuk para pecintanya.

Dengan dibuatnya tanaman bonsai dari jenis tanaman buah, tidak hanya manfaat itu yang kita dapat, tetapi juga kita bisa merasakan buah dari tanaman itu.

Kita bisa menemukan bibit bonsai mangga di berbagai situs jual beli online maupun offline. Harga dari bonsai tersebutpun beragam, mulai dari ribuan untuk yang masih biji, hingga ratusan ribu, untuk bibit yang sudah siap tanam dan kualitas bagus.

Cara Membuat Bonsai Mangga dari Biji Cepat Berbuah

Bonsai Mangga Cepat Berbuah
Ilustrasi Bonsai Mangga Cepat Berbuah/Pixabay/Axe77

Bagi para pemilik bonsai mangga pasti ingin pohonnya berbuah cepat dan lebat. Dengan pohon yang berukuran kerdil, tapi mampu berbuah cepat dan lebat, menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pemilik tanaman yang satu ini.

Nah, mari kita bongkar rahasia bonsai mangga cepat berbuah. Namun pada prinsipnya, pohon mangga merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah tumbuh.

Ada beberapa syarat tumbuh pohon mangga, diantaranya iklim, kondisi tanah, dan ketinggian tempat. Pohon mangga sangat cocok jika ditanam pada iklim kering, yaitu pada musim kemarau.

Musim kemarau dibutuhkan oleh pohon mannga untuk berbunga. Jika pohon mangga ditanam pada kondisi iklim basah, biasanya bunga pohon mangga akan berguguran.

Untuk tanah yang dibutuhkan agar pohon mannga tubuh adalah tanah yang subur dan mengandung banyak unsur hara, akan lebih baik lagi jika menggunakan tanah lempung.

Pohon mangga lebih baik jika dibudidayakan didataran rendah menengah. batas ketinggian yang diperlukan pohon mangga sekitar 500 mdpl. Lebih jelasnya, mari kita simak tahapan penanaman bonsai mangga dari biji berikut :

1. Pembibitan Bonsai Mangga

Buatlah bibit dari biji mangga yang sehat, berkualitas, serta tidak mengandung penyakit. Cara untuk memperoleh bibit mangga adalah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, kupas kulit mangga dan ambil dagingnya. Lalu sisakan bijinya saja.
  • Keringkan biji mangga  dengan dijemur di bawah terik matahari langsung. Pengeringan ini dilakukan bertujuan agar lapisan kulit biji (pericarp) mangga akan pecah, sehingga dapat diambil keping lembaganya (kotiledon). Kotiledon inilah yang akan dijadikan sebagai bibit untuk ditanam.
  • Ambil kotiledon dengan cara menusuk ujung pericarp yang terasa kosong atau berongga, lalu iris secara perlahan-lahan pericarpnya. lakukanlah dengan cara berhati-hati agar kotiledon tidak tergores.
  • Setelah kotiledon diperoleh, siapkan lahan untuk persemaian bibit mangga. Lahan semai ini bisa menggunakan kotak plastik yang berukuran 100×50 cm, atau juga bisa langsung menggunakan lahan pekarangan atau kebun dengan membuat lubang semai sekitar 30×40 cm.
  • Media yang digunakan adalah campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan (3:1).
  • Setelah media siap, masukan biji ke lahan semai, lalu tutup lubang semai dengan plastik atau sisa-sisa tanaman yang berjatuhan. Namun anda harus  memastikan tanah tidak lembab.
  • Bibit yang sedang dalam masa persemaian tidak boleh kekurangan air. Kurang lebih dalam waktu 2 minggu, bibit akan mulai berkecambah.
  • Jika bibit sudah berusia sekitar 4 bulan dan sudah memiliki tinggi 25-30 cm, sebaiknya dipindahkan ke polybag.
  • Setelah berusia 6 bulan, bibit siap untuk dipindahkan ke tempat tetap.

2. Persiapan Pot untuk Menanam Bonsai Mangga

Pot yang digunakan biasanya pot yang terbuat dari semen, kayu, pastik tahan pecah atau juga bisa menggunakan drum.

Silahkan anda pilih pot yang berukuran sesuai dengan tinggi pohon bonsai, jika tinggi tanaman buah antara 1,5 maka anda harus menggunakan pot berdiameter 60cm.

Pot yang digunakan harus memiliki lubang di bagian bawahnya.Usahakan gunakan  pot yang mempunyai kaki-kaki, jika tidak bisa di siasati dengan batu, kayu atau benda lainnya ubtuk ganjalan.

Setelah pot siap,buatlah media tanam untuk menanam buah mangga. Media tanam tersiri dari campuran antara tanah, pupuk kandang atau pupuk kompos, dan juga arang sekam padi dengan perbandingan sekitar 2:1:1.

Tanaman buah mangga menyukai media tanam yang memiliki tekstur remah atau gembur, dan juga kaya akan unsur hara pada media tanam.

3. Cara Menanam Bonsai Mangga

Setelah semua tahap awal siap, langkah selanjutnya adalah proses penanaman bonsai pohon mangga. Pertama-tama anda isi bagian dasar pot dengan serutan gergaji atau pecahan genteng atau juga batu bata sekitar 5-10cm.

Kemudian setelah itu, masukkan bibit ke dalam media tanam dan timbun kembali bibit dengan media tanam tapi jangan terlalu penuh.

Dalam proses penanaman usahakan bekas dari sambungan atau okulasi tanaman masih terlihat sekitar 10-15 cm di atas permukaan media tanam. Setelah bibit selesai ditanam lakuakan penyiraman.

Cara Agar Pohon Mangga Cepat Berbuah

Ada beberapa upaya dalam hal menjadikan pohon bonsai mangga agar cepat berbuah, sama halnya dengan upaya yang banyak dilakukan dalam cara membuat bonsai pisang. Meski ada banyak perbedaan, namun upaya yang dilakukan adalah mengharapkan bonsai dengna buah yang maksimal.

Pada bonsai mangga, antara lain seperti yang dijelaskan berikut ini yang bisa Anda lakukan:

Pemangkasan Bonsai Mangga, Ini Cara & Teknik yang Bisa Dilakukan

Pemangkasan pada pohon mangga yang dilakukan secara teratur akan merangsang pertumbuhan buah. Pangkaslah pada ranting-rangting yang tidak produktif.

Hal itu dilakukan agar distribusi hasil fotosintesis pada buah akan meningkat. Pangkan pada bagian ranting yang rimbun agar pohon bisa mendapatkan cahaya matahari secara optimal. Jika ada batang yang tegak, sebaiknya anda pangkas saja. Batang yang tegak biasanya tidak akan menhasilkan bunga.

Pemangkasan juga bisa dilakukan pada ranting-ranting yang terkena penyakit. Pangkas  juga tunas muda untuk merangsang pembuahan.

Pembengkokan Batang Pada Bonsai Mangga, Ini Cara yang Bisa Dilakukan

Tujuan dari pembengkokan batang adalah untuk menghambat pertumbuhan vegetatif dan mendorong pertumbuhan generatif. Caranya adalah dengan menarik cabang yang akan dilengkungkan ke arah tanah sampai posisi cabang merunduk.

Ujung cabang bisa diikat dengan tali atau diikat pada pencagak agar tidak kembali ke posisi semula.

Pelilitan Batang Bonsai Mangga

Tujuan dari pelilitan batang adalah untuk menghambat distribusi hasil fotosintesih dari daun menuju akar tanaman. Sehingga, karbohidrat akan terhenti di daun dan dapat merangsang pertumbuhan buah.

Pemberian Fosfor dan Protein Tinggi pada Tanaman Bonsai Mangga

Pemberian pupuk dengan komposisi fosfor dan protein tinggi mampu merangsang pertumbuhan bunga. Gunakan pupuk bonsai terbaik agar mampu memberikan hasil yang maksimal.

Bahkan ada yang berupaya memberikan micin untuk pupuk bonsai. Namun sebaiknya ini dipelajari lebih lanjut terlebih dahulu. Setidaknya memastikan dosis dan penggunaanya aman untuk tanaman mangga Anda.

Jika ingin menghasilkan bonsai mangga yang berkualitas, pilihlah bibit yang berkualitas, serta berikan perawatan terbaik.

Selain cara diatas, masih ada beberapa cara lain agar bonsai mangga cepat ber buah, seperti teknik grafting. Itu dia tadi sedikit info tentang bonsai mangga, semoga bermanfaat. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *