Bonsai Pisang Mini untuk Hiasan Rumah, Ini Tipsnya

  • Whatsapp
Bonsai Pisang Mini
Bonsai Pisang Mini/Pixabay/sakulich

BONSAIKU – Bonsai pisang mini menjadi pilihan tepat untuk dijadikan tanaman hias berbuah di sudut rumah minimalis yang Anda miliki.

Tak hanya sebagai tanaman hias, tetapi juga sebagai pohon buah berukuran pendek. Apalagi ada banyak jenis pohon yang bisa dijadikan bonsai pisang.

Bacaan Lainnya

Misalnya saja seperti bonsai pisang mas, pisang kepok, pisang muli, pisang raja, pisang tanduk, dan jenis pisang lainnya.

Cara membuat bonsai pisang ini juga cukup mudah, bahkan kita bisa dapat bibit pisang bonsai dengan mudah sehingga tinggal meneruskan menanam.

Ini sama halnya dengan bonsai mangga, bonsai durian, bonsai apel dan jenis bonsai buah lainnya. Karena ada banyak, lebih dari 100 jenis tanaman bonsai yang bisa menjadi pilihan terbaik di rumah Anda.

Di luar negeri juga bonsai pisang tidak asing akan bonsai ini, disebutnya bonsai banana, seperti nama dari terjemahan dalam bahasa Inggris. Bahkan ada bonsai bambu sebagai penghias rumah.

Artinya, pohon alam baik buah, kayu/pohon dan bunga banyak dimintai untuk dijadikan bonsai, karena minim luas lahan yang digunakan.

Sehingga kini tanaman-tanaman tersebut tak hanya bisa kita temui di perkarangan luas, di kebun atau di ladang, tetapi juga bisa disudut perumahan.

Tentunya metode bonsai ini adalah dengan cara membuat pohon pisang pendek atau dalam bahasa lain dengan cara mengkerdilkan pohon pisang.

Cara-cara tersebut bisa dilakukan dengan gaya bonsai. Ini teknik dan ilmu dasar yang bisa dipelajari. Bahkan bahasa sederhananya media tanam bonsai pisang ini dengan penggunaan pot.

Karakteristik Pohon Pisang

Lalu muncul pertanyaan dalam hal ini? Pertanyaanya bagaimana cara membuat bonsai pisang mini? Cara membuat pohon pisang pendek, namun tetap berbuah.

Meski pohon pisang kerdil, namun tetap lebat menghasilkan buah pisangnya? Beragam pertanyaan itu akan muncul. Itu baru beberapa pertanyaan, karena pasti akan  ada banyak keterkaitan akan hal ini,

Misalnya saja yang juga harus dipahami adalah tentang jenis – jenis pisang mini yang bisa dijadikan bibit bonsai pisang, dan bahkan tentang cara membuat bibit pisang dan cara menanam biji pisang bonsai.

Ketika sudah selesai mengupayakannya menjadi bonsai, akan juga ada upaya yang harus dilakukan, yakni tentang cara merawat tanaman hias pisang yang sudah dibonsai tersebut.

Yang harus dipahami adalah bahwasannya pohon pisang adalah tanaman tropis dan sub tropis. Sehingga, ketersediaan bibit di Indonesia tidak terlalu sulit, dan bahkan sangat mudah ditemukan.

Setiap wilayah di Indonesia bahkan memiliki jenis pohon pisang unggul masing-masing, bahkan sangat populer di wilayahnya.

Misalnya saja, Lampung, Bogor, Yogyakarta, Wonosobo, Bekasi, Bandung, Pontianak, Ambon Maluku, dan wilayah lain memiliki jenis pisang yang menarik untuk kita pelajari lebih lanjut,

Secara asal usul, pohon pisang ini berasal dari suku Musaceae, dengan nama latin Musa paradisiaca. Identik dan karakteristik pohon pisang adalah batangnya yang tidak berkayu.

Namun batang pohon pisang ini licin dengan lapisan-lapisan yang dimiliki. Selain itu, karakter dari pohon pisang yang juga cukup menarik adalah memiliki daun yang lebar, dan memiliki tulang daun berongga di dalamnya.

Jenis Pohon Pisang yang Cocok Dijadikan Tanaman Bonsai Mini

Ada banyak jenis pohon pisang yang bisa dijadikan tanaman bonsai mini? Beragam jenis dengan karakteristik dan nama yang berbeda di setiap wilayahnya.

Berikut ini Bonsaiku merinci ada 5 jenis pohon pisang yang bisa dibuat menjadi pendek dengan cara mengkerdilkan tanaman di dalam pot sebagai media tanam yang dimiliki.

Utamanya menjadikan pohon pisang dari bentuk aslinya menjadi bonsai, berikut jenis-jenis yang bisa kita ketahui:

1. Bonsai Pisang Kepok

Pisang Kepok bisa menjadi salah satu pilihan tanaman buah dari pohon pisang untuk jadi tanaman bonsai penghias sudut rumah minimalis Anda.

Pisang kepok siapa yang tak mengenal? Sudah tak asing lagi jenis tanaman pisang yang satu ini. Dalam dunia ilmiah, Pisang kepok merupakan salah satu kultivar pisang dari kelompok kultivar ABB.

Pisang ini juga kelompok pisang olah karena tinggi kandungan patinya. Ada banyak manfaat dari pisang kepok ini. Salah satunya jadi makanan ringan, seperti keripik pisang.

Tentunya jenis pohon pisang ini juga menarik untuk jadi bonsai, namun juga diharapkan bisa berbuah dengan normal ketika ditanam di kebun perkarangan atau ladang pertanian.

2. Pisang Ambon

Pisang ambon di Indonesia sangat mudah ditemui. Tak jauh berbeda dengan pisang kepok. Tanaman yang familiar dan tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia.

Pisang ambon ini dikenal sebagai pohon buah konsumsi. Kita bisa mengkonsumsi secara langsung karena rasanya yang manis. Anak-anak, bahkan bayi pun suka jenis pisang ini.

Ada banyak juga jenis pohon pisang ambon ini, antara lain adalah:

  • Pohon Pisang Ambon Lumut: Ambon lumut berbentuk lurus, panjang buahnya sekitar 15-17 cm dan memiliki diameter sekitar  42 mm. Uniknya jenis pisang ini yang sudah matang, tapi tetap berwarna hijau.
  • Pohon Pisang Ambon Kuning: Lain dari jenis pisang ambon yang lain, ambon jenis ini memiliki ukuran jauh lebih besar. Ukurannya yang besar bentuknya melengkung ke atas, memiliki kulit yang tipis.

Selain dua varietas di atas, ada banyak jenis pohon pisang lain yang bisa dijadikan bonsai, dan tentunya memiliki rasa yang enak untuk dikonsumsi,

3. Bonsai Pisang Kapas

Pohon pisang kapas adalah salah satu jenis pohon lokal yang cara menanamnya sangat mudah di Indonesia. Buah ini berukuran sedang dengan kulit buah yang cukup tebal.

Pisang ini memiliki rasa kurang manis walaupun pisang sudah matang. Karena itulah pisang jenis ini kurang cocok jika dimakan langsung.

4. Bonsai Pisang Uli

Jenis ini termasuk ke dalam jenis pisang raja yang memiliki buah berbentuk bulat memanjan dan memiliki ujung yang runcing.

Saat buah pisang uli ini matang akan berubah warna menjaadi kuning kemerahan dan pada ujungnya berwarna hijau.

5. Bonsai Pisang Mas

Dikenal juga dengan nama lain Pisang Lady Finger, dan bahkan ada yang menyebutnya dengan pisang gula, pisang ara, atau pisang kurma.

Pisang mas ini adalah kultivar diploid dari Musa acuminata. Karakteristik yang paling dikenali adalah, pisang ini kecil, berkulit tipis, dan manis.

Cara Membuat Bonsai Pisang Mas untuk Pemula dengan Mudah

Bonsai Pisang Mini
Bonsai Pisang Mini/Pixabay/sakulich

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat bonsai pisang mas ini. Sama halnya dengan yang sudah kita bahas, tentang cara membuat bonsai pisang secara umumnya.

Jadi ini membentuk atau meminiaturkan bentuk asli pohon pisang tinggi menjadi kecil atau kerdil. Hanya saja, kita akan turut upayakan agar bonsai pisang tetap bisa berbuah.

Untuk itu, perlu beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam menjadikan pohon pisang sebagai bonsai, di antaranya yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Bibit Bonsai Pisang dan Media Tanam yang Digunakan

Pertama yang harus dipikirkan dalam membuat bonsai pisang mini adalah bibit yang digunakan dan juga media tanam untuk tempat menanam pohon pisang tersebut.

Ada hal yang harus diperhatikan untuk hal ini, misalnya saja:

  • Pilihlah bibit yang sehat dan unggul.
  • Pastikan juga untuk memilih jenis bibit pisang yang baik untuk dijadikan pendek/bonsai.
  • Jika ada bagian busuk, dibuang bagian busuk pohon pisang.

Untuk media tanam bonsai pisang mas beberapa hal yang harus diperhatikan adalah komposisi dan bahan yang digunakan. Bahan-bahan yang digunakan adalah:

  • pasir,
  • tanah,
  • pupuk kandang,
  • dan arang sekam.

Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan memasukkan sebagian media tanam yang telah disiapkan tersebut ke dalam pot .

2. Cara menanam pohon pisang

Langkah selanjutnya ketika bahan bahan di atas telah disiapkan adalah dengan menanamnya. langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memasukan bibit bonsai pisang mas ke dalam pot yang telah diisi media tanam.

Isinya sebagian saja. Karena bibit harus masuk ke dalam, dan kembali untuk ditutup sebatang umbi bibit. Dalam bahasa lain, tutup bibit dengan media tanam yang tersisa hingga mencapai pangkal bawah bibit bonsai.

Setelah memastikan sudah tertanam, jangan lupa untuk menyiram bibit bonsai yang telah ditanam. Siram dengan air secukupnya. Lalu kita bisa memberikan atau meletakan lumur sampai memenuhi permukaan media tanam.

3. Cara Merawat Bonsai Pisang

Setelah bonsai pisang ditanam jangan lupa untuk dirawat. Perawatan ini penting sebagai upaya pohon pisang yang dibonsai terpenuhi kebutuhannya, dan bahkan sampai bisa produksi menghasilkan buah yang diinginkan.

Untuk itu kita harus rajin-rajin melakukan perawatan. Perawatan yang bisa dilakukan terhadap bonsai pisang ini adalah dengan memotong daun yang sudah tua dan melepas pelepahnya.

Kenapa hal tersebut dilakukan? Jawabannya adalah, agar pertumbuhan bonsai tetap terkendali. Dalam perawatan juga menggunakan pupuk.

Ada banyak jenis pupuk bonsai yang bisa digunakan, termasuk untuk tanaman pisang Anda yang sedang dan berhasil dikerdilkan tersebut. Sehingga, produksi yang dihasilkan tetap maksimal.

Tak sampai di sini saja, Anda juga bisa pelajari micin untuk pupuk bonsai Anda. Sehingga Anda bisa membandingkan  hasil yang didapatkan dari penggunaan micin sebagai pupuk,

Cara Mengkerdilkan ATAU Membuat Pohon Pisang Pendek

Cara untuk mengkerdilkan pohon pisang adalah dengan cara menyayat tepi batang pohon pisang di atas pangkal bawah kira- kira 5 cm. Anda bisa lakukan ini dalam kurung waktu 2 minggu.

Nantinya setelah kurang lebih 2 minggu pasca penyayatan, tunas baru akan muncul. Mereka akan keluar dari bekas sayatan yang sudah dibuat.

Setalah tunas baru tumbuh dan keluar dari bekas sayatan, buka sayatan lebih besar. Potong bibit pisang dan sisakan tunas yang baru.

Jangan lupa untuk membersihkan bagian-bagian sisa bibit pisang dengan hati-hati agar tidak melukai tunas bibit yang baru.

Namun ada hal yang harus diperhatikan ketika pohon pisang berhasil dikerdilkan, yakni pastikan pohon tetap berbuah seperti biasanya. Bahkan, hasil yang diproduksi tetap baik dan manis, seperti jenis pohon yang ditanam.

Itulah sedikit penjelasan tentang bonsai pisang, dari mulai mengenal pisang, menanam pisang, mengerdilkan pisang. Semoga bermanfaat.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *