Bonsai Pohon Kelor: Cara Membuat, Harga & Manfaat

  • Whatsapp
Bonsai Kelor
Ilustrasi Bonsai Kelor/Pixabay/

BONSAIKU – Bonsai adalah salah satu tanaman hias yang melegenda dan memiliki banyak penggemar. Perawatannya yang cenderung membutuhkan perhatian lebih membuat tanaman ini terlihat eksotis dan bernilai jual. Begitu juga dengan bonsai pohon kelor.

Mungkin nama pohon kelor tidak terdengar asing di telinga Anda. Ya, karena daun pohon kelor ini merupakan jenis daun semacam sayur-sayuran yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Tentu Anda sudah sangat akrab bukan?

Bacaan Lainnya

Pohon kelor juga memiliki banyak manfaat, salah satunya bagi kesehatan tubuh. Seperti contohnya di luar negeri, daun kelor menjadi campuran untuk komponen obat-obatan. Perlu Anda ketahui juga bahwa apabila usianya semakin tua, maka nilai jualnya juga semakin tinggi.

Pohon kelor merupakan salah satu jenis tanaman liar, yaitu tanaman yang bisa tumbuh pada tempat yang tidak dikehendaki untuk ia tumbuh. Dan juga seringkali dianggap gulma karena merugikan tanaman yang lain. Ketika dijadikan bonsai, ini juga merupakan bonsai tanaman liar yang dihasilkan dari pohon kelor.

Meskipun demikian, saat ini keberadaan lahan pohon kelor mulai jarang ditemui, apalagi di kota-kota besar. Untuk tetap dapat menikmati keindahan dan manfaat bonsai, Anda dapat melakukannya dengan cara membonsai tanaman ini.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang bonsai pohon kelor, berikut ini kami sampaikan beberapa informasi terkait bonsai kelor juara beserta harganya, cara pembuatan bonsai kelor, manfaat bonsai kelor dll.

Silakan untuk Anda perhatikan untuk lebih meningkatkan pemahaman anda tentang bonsai jenis ini, simak penjelasannya di bawah ini ya!!

Bonsai Kelor Juara Beserta Harganya

Setiap varian bonsai memiliki ciri khas masing-masing dan corak yang unik. Tak heran jika hasil bonsai setiap pohon memiliki perbedaan karakter dengan pohon lainnya, meskipun pohon tersebut berasal dari jenis yang sama. Tak terkecuali pohon kelor.

Pohon kelor memiliki batang yang besar dengan karakter yang kuat dan bagus. Pohon ini juga memiliki daun berukuran kecil-kecil yang tentu akan terlihat indah jika berupa bonsai. Karena karakter dan ciri khasnya, sebagian orang menjadikan bonsai pohon kelor sebagai salah satu elemen taman.

Daun pohon kelor ini juga cukup populer pada paribahasa loh. Tentu Anda tidak asing dengan paribahasa “Dunia Tak Selebar Daun Kelor”. Kalimat tersebut sering dipakai untuk memberi nasihat pada seseorang agar tidak mudah menyerah pada kegagalan karena sejatinya dunia itu luas.

Membonsai pohon kelor juga dapat menjadi alternatif apabila Anda tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk menanam pohon ini. Selain cara membonsainya yang cukup mudah dilakukan, bonsai pohon kelor juga bisa hidup dengan baik pada media tanah dan kompos.

Apabila Anda ingin membonsai pohon kelor namun tidak memiliki pohonnya, maka Anda bisa membeli bahan bonsai pohon kelor di toko terdekat atau yang menyediakannya.

Harganya sangat variatif tergantung kualitas dan umur pohon kelornya. Mulai dari Rp 25.000,00 hingga harga termahal bisa mencapai Rp 250.000,00.

Cara Membuat Bonsai Pohon Kelor

Bonsai Kelor
Ilustrasi Bonsai Kelor/Pixabay/

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam hal ini. Mengingat tak sedikit pegiat tanaman yang tertarik pada bonsai pohon kelor, berikut ini kami sampaikan bagaimana tahapan-tahapan dalam membuat bonsai pohon kelor

  • Pertama, Anda harus menyiapkan batang pohon kelor. Jika tidak punya, Anda bisa terlebih dulu membelinya. Batang pohon kelor yang digunakan bisa dari bagian tengah, bonggol atau pucuk dengan ukuran 20 cm – 30 cm. Pilihan batang terbaik bagian bonggol yang sudah tua dan beukuran besar.
  • Letakkan potongan batang tadi di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Anda harus meletakkannya pada tempat teduh, kemudian bungkuslah bagian ujung batangnya dengan plastik. Hal ini dilakukan agar kampium pada batang tidak menguap.
  • Untuk perawatannya jangan lupa siram bibit tersebut pada pagi dan sore. Pada umumnya, tunas pohon kelor akan tumbuh pada minggu ke-4 dan 5
  • Jika sudah, Anda dapat memindahkan bibit tersebut pada sebuah pot atau polybag yang di dalamnya terdapat kotoran hewan kering. Adanya kotoran hewan ini dapat enjadi pupuk alami untuk menyuburkan bonsai.
  • Setelah menunggu sekitar 2 bulan, bonsai pohon kelor sudah boleh terkena sinar matahari secara langsung.
  • Dengan tahapan atau tips di atas, ada 90% kemungkinan bonsai pohon kelor bisa tumbuh.

Manfaat Bonsai Pohon Kelor

Tak sedikit orang menanam bonsai kelor karena tergoda dengan manfaatnya. Mulai dari segi kesehatan sampai kepercayaan tertentu. Nah, apa saja manfaat tanaman bonsai pohon kelor? diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Menyembuhkan luka

Daun kelor dapat menjadi obat luka yang alami. Anda bisa menumbuknya sampai halus kemudian oleskan pada bagian kulit yang luka untuk mempercepat proses penyembuhan. Hal ini karena kelor mengandung sejenis zat antibiotik yang serupa dengan zat pencegah infeksi.

  • Menurunkan demam.

Diketahui juga bahwa, daun kelor bisa meredakan demam. Jadi, ini dapat menurunkan panas badan karena demam.Bahkan penggunaanya mudah. Penggunaannya sama seperti untuk obat luka. Anda bisa menggunakan tumbukan daun kelor untuk bahan kompres.

  • Mengobati pembengkakan dan penyakit beri-beri

Anda dapat mencampur daun kelor dan akar kulit pohon pepaya untuk kemudian dihaluskan. Campuran tersebut bisa untuk pembengkakan dan mengobati penyakit beri-beri.

Selain menyembuhkan berbagai penyakit, pada kepercayaan tertentu pohon kelor juga dianggap sebagai pohon sakti yang bisa menangkal dan mengalahkan kekuatan mahkluk halus.

  • Menjadi bahan campuran untuk memandikan jenazah

Pada masyarakat jawa, daun kelor menjadi campuran untuk memandikan jenazah karena kepercayaan tertentu. Mereka percaya bahwa daun kelor dapat membunuh jimat yang masih melekat pada jasad tersebut

  • Sebagai penangkal kekuatan magis atau ilmu hitam

Kelor juga seringkali dijuluki “si kayu ajaib”, terutama pada bagian inti daun kelor yang kuat. Masih dalam kepercayaan tertentu, mereka menganggap komponen pada daun kelor mampu menangkal kekuatan magis dari ilmu hitam ataupun serangan fisik.

Itulah beberapa infromasi seputar bonsai pohon kelor beserta harganya, cara menanamnya, dan manfaatnya yang sangat beragam. Apabila Anda ingin memiliki bonsai dari tanaman liar di Indonesia yang indah, Anda harus banyak bersabar karena daun pada bonsai baru ini akan terlihat lebat pada usia sekitar 3-5 bulan.

Itulah yang bisa Anda pahami tentang bonsai pohon kelor, dari cara membuat, harga, bahkan manfaat yang bisa Anda dapatkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *