Bonsai Putri Malu, Ini Cara Budidaya & Manfaatnya

  • Whatsapp
Bonsai Putri Malu
Ilustrasi Bonsai Putri Malu/Pixabay/5851928

BONSAIKU – Bonsai putri malu cukup populer dikalangan pecinta bonsai. Mungkin bagi beberapa orang takk pernah terfikirkan untuk menjadikan tanaman ini menjadi hiasan di rumah kita.

Pasalnya, tanaman ini sering kali kita temukan tumbuh liar di pinggir-pinggir jalan atau bahkan menjadi gulma yang pastinya kita buang. Tanaman ini memiliki duri yang tajam yang bisa melukai tangan kita jika tidak berhati-hati memegangnya.

Bacaan Lainnya

Putri malu tergoliong kedalam suku polong-polongan. Tanaman ini memiliki bunga berwarna merah muda. Putri malu memiliki keunikan tersendiri, daun  tanaman putri malu akan kuncup jika kita sentuh atau tidak sengaja tersentuh.

Karena itulah tanaman ini dijuluki putri malu.  Maka tak jarang tanaman ini dijadikan mainan oleh anak-anak dengan pengawasan orang tua.

Mereka menyentuh daunnya dan merasa bahagia saat daun itu kuncup setelah disentuh. Mungkin sebagian dari kita pernah merasakan itu juga.

Tanpa kita sadari, ternyarnyata tanaman yang sering kita anggap tanaman pengganggu ini bisa menjadi hiasan rumah kita. Salah satu cara menggunakan tanaman i ni menjadi tanaman hias adalah dengan cara menjadikan tanaan putri malu ini menjadi bonsai.

Mengenal Tanaman Liar Putri Malu yang Akan Jadi Bahan Bonsai

Bonsai Putri Malu
Ilustrasi Bonsai Putri Malu/Pixabay/5851928

Putri malu adalah tanaman yang termasuk kedalam suku polong-polongan. Putri malu juga sering disebut dengan julukan Sensitive Plant atau Mimosa Pudica.

Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan sudah menyebar ke daerah tropis, seperti Asia tenggara dan dengan nama yang cukup beragam. Putri malu ini juga biasa dijadikan sebagai pakan ternak.

Si cantik berduri ini memiliki keunikan yang cukup menjadi daya tarik bagi sabagian orang. Tanaman ini memiliki keunikan karena menguncup saat disentuh, terkena angin, atau mendapat rangsangan panas. Gerakan ini disebut seismonatis.

Fenomena menutupnya daun pitri malu karena daun kehilangan turgor, yaitu tekanan pada dindin sel oleh air yang ada di dalam vakuola atau lubang sel. Selain cantik untuk dijadikan hiasan ternyata banyak manfaat tanaman bonsai putri malu yang bisa kita dapatkan.

Manfaat Tanaman Putri Malu

Saat banyak orang menganggap tanaman ini menjadi gulma yang mengganggu dan akhirnya diberantas begitu saja, ternyata tanaman ini menyimpan banyak manfaat. Sama halnya manfaat tanaman bonsai lainnya sebagai mempercantik ruang rumah kita.

Namun untuk putri malu ini, meski liar tak hanya akan menjadi cantik ketika ia dibonsai. akan tetapi tanaman liar yang berduri ini juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah penjelasan tentang beberapa manfaat tanaman putri malu yang jarang kita ketahui:

1. Putri Malu Dapat Jadi Obat, Untuk Menyembuhkan Penyakit Batuk

Tanaman liar yang berduri ternyata bisa dijadikan obat batuk terutama batuk yadisertai dengan dahak. Mungkin belum banyak orang yang tau daan mungkin ngga perna kepikiran. Berikut cara membuat ramuan putri malu untuk dijadikan obat batuk.

Cara mengobati batuk dengan putri malu :

Untuk membuat ramuan obat batuk dari putri malu, kita bisa mengolahnya dengan cara merebus spuluh sampai 15 gram daun putri malu dengan air secukupnya sampai mendidih. Minum rebusan air itu setelah rebusan itu dingin.

Tidak hanya mengobati batuk saja, pohon ini efektif juga dipakai untuk mengobati permasalahan pada pernapasan yang lain seperti pilek dan penyakit pernafasan lainnya.

2. Khasiat Putri Malu Dapat Mengatasi Insomnia

Tak jarang dari kita ada yang merasakan  sulit beristrirahat untuk tidur. Kondisi ini sering dikenal dengan insomnia. Ternyata, putri malu bisa menjadi solusi untuk itu.

Berikut caranya yang bisa dilakukan, yaitu dengan cara direbus. Dosis pemakaian ramuan ini, diminum ketika malam hari sebelum tidur.

3. Manfaat Putri Malu Untuk Meningkatkan Stamina

Tanaman yang mungkin sering kali dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang dan sering dianggap sebagai tanaman pengganggu, ternyata tanaman putri malu bermanfaat.

Salah satu manfaat yang bisa kita dapat dari tanaman yang berduri ini, walaupun tumbuh liar tanpa perlu ditanamkan serta kadangkala suka mengganggu, tanaman putri malu rupanya bermanfaat untuk menambah stamina pria waktu berhubungan seksual.

Caranya dengan merebus 15 helai daun putri malu dengan tiga gelas air dan sisakan hingga satu gelas. Lalu saring rebusan itu, setelah itu minum air rebusan yang sudah disaring.

4. Menyembuhkan Cedera atau Luka

Akar tanaman putri malu bisa digunakan untuk percepatan proses pengobatan cedera atau luka. Manfaaat ini bisa kita dapatkan karenga akar putri malu mengandung fenol yang berperan membunuh bakteri yang dapat memicu infeksi pada kulit.

5. Memperlancar Saluran Kemih

Ternyata pohon putri malu yang direbus,  air rebusannya bisa digunakan sebagai pelancar aliran kemih. Kandungan pada daun putri malu terdapat karakter anti bakteri yang bisa membuat badan kita terbebas dari bakteri dan kuman.

6. Mengobati Rematik

Mungkin bagi beberapa orang, penyakit rematik dianggap penyakit yang remeh, padahal penyakit ini kerap kali sangat mengganggu.

Rematik merupakan permasalahan pada persendian yang diakibatkan oleh infeksi yang diasebabkan autoimun pada tubuh yang rendah.

Ternyata selain memanfaatkan daun sukun untuk asam urat, ternyata putri malupun bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi penyakit rematik

Alasan Tanaman Liar ini Dijadikan Bonsai

Bonsai selalu identik dengan pengerdilan dan pot. Banyak sekali tangaman yang bisa dijadikan bonsai, sehingga bisa disajikan dalam tampilan yang begitu imut karena ukurannya yang lebih kecil dari pohon yang lazim kita lihat.

Salah satu yang bisa dijadikan bonsai adalah tanaman putri malu. Mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia dengan nama tanaman ini, bahkan bisa dengan mudah kita temukan di pinggir jalan atau kebun.

Bahkan tanaman ini seringkali dianggap sebagai tanaman pengganggu atau gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman lain. Jika kita lihat dari sisi manfaatnya, bentuknya yang cantik dan keunikan yang dimilikinya, tanaman putri malu kerap dijadikan bonsai.

Putri malu bisa menjadi salah satu jenis tanaman liar di Indonesia yang bisa dibonsai. Sebagai bonsai tanaman liar. jika tampial cantik, unik dan memiliki perbedaan yang mencolok dengan versi aslinya, maka harga bonsai ini juga akan mahal.

Dengan dijadikannya bonsai putri malu, kita bisa melihat tanaman liar berduri ini dalam tampilan yang indah sekaligus kita bisa merasakan manfaatnya.

Cara Budidaya Putri malu

Nah bagi Anda pengkoleksi bonsai, tentu bisa nih berupaya membuat putri malu menjadi bonsai yang cantik dan menjadi salah satu tanaman hias di rumah.

Cara budidaya atau cara membuat bonsai putri malu ini cukup mudah, meski akan berbeda dengan cara bonsai serut, bonsai pisang, dan lainnya. Namun setidaknya beberapa upaya bisa Anda lakukan, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

1. Persiapa Bibit

Langkah yang paling awal untuk membuat bonsai tanaman putri malu adalah kita harus menyiapkan bibit terlebih dahulu. Bibit putri malu bisa kita dapatkan dipinggir jalan ataupun kebun liar.

Kita dongkel bibit putri malu hingga akarnya yang ada didalam tanah. Setelah putri malu berhasil di dongkel, kita pangkas batang serta daun putri malu hingga menyisakan cabang-cabang. Akar yang mengganggu juga bisa dipotong.

Lakukanlah proses ini dengan hati-hati agar tidak melukai bibit. Setelah itu kita bisa memasukkan bibit kedalam air agar bibit tidak mengalami kekeringan dan mati.

2. Persiapan Media Tanam

Media tanam merupakan salah satu hal yang paling penting dalam melakukan penanaman, begitupun dalam menanam bonsai media menjadi hal penting yang harus dipersiapkan.

Bahan bonsai putri malu seperti bahan bonsai lainnya, kita bisa menggunamkan pasir alam ataupun pasir malang dengan campuran kompos. Selain itu kita juga harus menyediakan pot untuk menempatkan tanaman bonsai.

3. Cara Menanam

Langkah selanjutnya adalah, penanaman, sebelum penanaman dilakukan, kita potong terlebih dahulu akar yang memang sekiranya tidak produktif dan mengganggu.

Kita juga potong cabang-cabang yang tidak kita inginkan. Masukkan sebagian media tanam kedalam pot yang sudah disiapkan, lalu tanam bibit bonsai kedalam pot. Tutupi bonsai dengan sisa media tanam sampai menutupi batas bawah batan bibit.

Setelah itu, kita siram media dan bibit bonsai dengan air agar lembab. Lalu bungkus bibit bonsai putri malu menggunakan plastik. Hal itu dilakukan bertujuan untuk menjaga kelembapan dari bibit tanaman bonsai.

Sekiranya konsisinya sudah seimbang dan sudah bagus, barulah kita buka sungkup itu.Lakukan pembukaan sungkup dengan cara perlahan.

4. Pembentukan Bonsai

Dalam proses pembentukan memerlukan tingkat kesabaran dan ketekunan yang dalam. Proses ini menjadi salah satu proses yang sangat penting. Bentuk bonsai akan ternbentuk karena melalui proses pembentukan terlebih dahulu.

Dalam proses ini kita bisa membentuk nbonsai sesuai dengan konsep yang kita inginkan. Kita bisa membentuk bonsai menggunakan kawat.

Dalam membentuknya kita harus memotong  atau memangkas terlebih dahulu cabang-cabang batang yang tidak lagi produktif dan memang tidak kita inginkan kehadirannya.

Lalu, kita lilitkan kawat pada batang sesuai dengan bentuk yang kita inginkan, bisa dilengkungkan kebawah maupun ditegakkan keatas. Dalam melakukan pelilitan, lakukanlah dengan hati-hati agar tidak melukai batang bonsai dan tidak meninggalkan bekas luka.

5. Cara Merawat Bonsai Tanaman Putri Malu

Tentunya, jika kita menanam apapun, atau memelikara apapun baik hewan maupun tumbuhan kita harus melakukan perawatan. Perawatan dilakukan tentunya bertujuan untuk tetap menjaga kesehatan dan kesuburan tanaman.

Begitu juga dengan bonsai tanaman putri malu, jika kita ingin mempunyai bonsai yang canyik tetntu kita harus mau merawatnya penuh dengan cinta.

Perawatan pada bonsai putri malu tidak jauh berbeda dengan tanaman bonsai lainnya, tentunya kita harus melakukan penyiraman pada tanaman bonsai untuk menjaga kelembapan. Siramlah tanaman bonsai satu kali sehari, di waktu pagi atau sore hari.

Selain itu, kita juga harus rutin melakukan pemangkasan. Pemangkasan dilakukan agar pertumbuhan tanaman bonsai tetap terkontrol dan disain tanaman bonsai tetap terkendali.

Dengan melakukan pemangkasan, Kita bisa menjaga bentuk bonsai agar sesuai dengan apa yang kita inginkan. pangkaslah cabang bataang atau daun yang memang tidak produktif ataupun yang tidak kita butuhkan.

6. Cara Menyuburkan Tanaman Bonsai Lewat Pupuk

Selain penyiraman dan pemangkasan, perawatan yang harus kita lakukan adalah pemupukan. Ada banyak jenis pupuk bonsai yang bisa diberikan. Termasuk untuk putri malu.

Salah satu manfaat pemupukan adalah pupuk untuk mempercepat pertumbuhan bonsai.  Pemupukan menjadi hal yang wajib kita lakukan. Ini karena pemupukan bisa mengembalikan atau mengganti unsur hara yang sudah terkuras tanaman untuk tumbuh kembang.

Ke dalam proses pemupukan, kita bisa menggunakan pupuk organik maupun pupuk kimia. Gunakanlah pupuk bonsai terbaik untuk mendpatkan bonsai yang maksimal. Lakukan pemupukan secara bertahap dan sesuai.

Jika akan menggunakan micin untuk pupuk bonsai, dipelajari lebih lanjut dosis penggunaan dan waktu yang harus digunakan dalam pemupukan.

Meskipun pemupukan baik untuk pertumbuhan tanaman, tetapi lakukanlah dengan benar dan sesuai. Jangan berikan pupuk terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Lakukan pemupukan dengan cara yang sesuai dan dosi yang tepat, jika pemupukan diberikan terlalu banyak akan menyebabkan akar rusak.

Itulah sedikit informasi tentang bonsai putri malu dan sedikit tips untuk menanam bonsai putri malu. Jika kita ingin tanaman kita tumbuh sehat dan indah, tentunya kita hatrus melakukan perawatan.

Perawatan dan pemupukan ini agar tanaman kita menjadi tanaman yang indah, sehat atau bahkan menjadi pemenang dalam kontes karena kesuburannya. Lakukanlah setiap tahapan dengan cara yang sesuak. Semoga artikel ini bisa membantu. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *