Bonsai Tanaman Liar: Tak Terpikirkan, Punya Nilai Tinggi

  • Whatsapp
bonsai tanaman liar
Ilustrasi Bonsai Tanaman Liar/Pixabay/morgan472

BONSAIKU – Bonsai tanaman liar mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga para pecinta bonsai. Bonsai sendiri merupakan tanaman yang dikerdilkan. Tidak hanya menjadi tanaman hias, ternyata banyak manfaat tanaman bonsai yang dapat kita rasakan.

Proses pembuatan tanaman bonsai memerlukan waktu yang sangat lama. Selain waktu yang lama, ketelitian dan kesabaran juga diperlukan untuk menghasilkan tanaman si kerdil yang menggemaskan ini. Semua itu akan terbayar jika kita bisa menghasilkan tanaman bonsai unik dan cantik.

Bacaan Lainnya

Banyak jenis tanaman yang bisa dijadikan bonsai, dari tanaman hias, tanaman buah, seperti bonsai kelapa, bahkan bonsai tanaman liar juga bisa kita temukan. Nah, berikut adalah beberapa jenis tanaman liar yang bisa di bonsai :

Bonsai Tanaman Liar

bonsai tanaman liar
Ilustrasi Bonsai Tanaman Liar/Pixabay/morgan472

Tanaman liar dengan ukuran yang besar dan rindang ternyata bisa kita nikmati di pekarangan rumah kita. Dengan ukuran yang kecil karena dikerdilkan, menambahkan nilai seni yang ada pada tanaman tersebut. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah.

Bonsai Tanaman Liar Berduri

Tanaman liar yang berduru ternyata juga bisa dikerdilkanmenjadi tanaman hias yang cantik ada beberapa jenis tanaman liar berduri yang bisa di bonsai diantaranya :

1. Pohon ketos

Pohon ketos memiliki daun pucuk berwarna merah, pada batangnya terdapat duri yang cukup besar. Daun pohon ketos mengandung minyak atsiri dan memiliki aroma seperti daun jambu.

2. Pohon sisir

Pohon sisir tau yang disebut juga pohon kaliaga merupakan spesies pohon semak yang masih dalam satu keluarga dengan Moraceae. Tanaman ini berasal dari Negeri Cina yang kemudian masuk dan meluas ke Indonesia, Malaysia, dan Australia.

Tanaman ini masih banyak ditemukan di Indonesia. Biasanya ditemukan di daerah sawah ataupun perbukitan. Tanaman sisir liar memiliki daun yang berbentuk bujur hingga bulat seperti telur.

Pohon sisir pada umumnya berbentuk semak yang padat dan kemudian menjadi semak besar yang dapat mencapai ketinggian 5 m. Tanaman ini juga memiliki duri, namun pada tanaman yang sudah tua, durinya sedikit.

3. Lantana/oblo

Tanaman ini berasal dari kawasan tropis Amerika tengah dan Amerika Selatan. Tanaman ini biasanya berbunga secara bergerombol. Warnanya yang beraneka ragam menambag keindahan dari tanaman ini.

Untuk membonsai tanaman latana agar cepat tumbuh tunas, dapat dilakukan dengan pemberian pupuk NPK mutiara dengan dosis 50 ml per tanaman yang yang dicampurkan kedalam 50 ml air. Gunakan Pupuk bonsai terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Klampis/Ripung

Pohon Klampis  memiliki nama latin Acacia tomentosa atau Vachellia tomentosa. Klampis adalahjenis semak daun atau pohon kecil dengan mahkota berbentuk payung; biasanya tumbuh setinggi 5 – 10 meter, kadang-kadang mencapai 15 meter. Diameter batang mencapai 50cm.

5. Gulgum/gulogumantung

Pohon Gulo Gumantung atau disingkat Gulgum (Vangueria) adalah tanaman berbunga dari keluarga Rubiaceae. Genus ini dinamai Vang vanguer, karena Vangueria madagascariensis sudah lebih dulu dikenal di Malagasi.

Gulo Gumantung adalah pohon semak atau pohon kecil berdaun besar dan berbulu halus. Ketinggian pohon gulgum dapat mencapai  4-6 meter, bahkan dibeberapa wilayah di alam liar ia dapat mencapat ketinggian 10 meter.

6. Putri malu besar

Pohon putri malu memiliki nama latin Mimosa pudica, putri malu merupakan pohon perdu jenis polong-polongan yang memiliki ciri khas akan menutup daunnya jika terkena sentuhan (kuncup).

Tanaman putri malu ini bisa dijadikan bonsai untuk membantu kita dalam mengobati berbagai jenis penyakit, atau dengan kata lain sebagai tanaman herbal.

7. Bugenvill

Tanaman ini termasuk tanaman perdu tegak, tinggi tanaman kira-kira 2-4 meter. Bugenvill memiliki perakaran tunggal. Dengan akar-akar cabang yang melebar ke semua arah dengan kedalaman 40-80 cm. Akar yang terletak dekat permukaan tanah kadang tumbuh terus atau akar bakal tanaman baru.

Bougenville   memanjat dan menggantung, tinggi 0,3-10 m. batang memiliki cabang berkayu bulat, beruas, dan memiliki diameter 5-8 mm, berwarna coklat dan majemuk.

8. Asem londo

Asem londo atau asem jawa juga tak kalah cantiknya jika dijadikan tanaman bonsai. tanaman ini sebenarnya bukan asli dari indonesia, melainkan dari Amerika tropis. Pohon asem londo mempunyai duri di batang cabang dan ranting .

9. Jeruk kingkit

Jeruk kingkit juga termasuk salah satu tanaman yang bisa dijadikan bonsai. Walaupun namanya jeruk, tetapi berbeda dengan jeruk yang biasa kita temui. Tanaman ini memang masih memiliki kekerabatan dengan pohon jeruk yang lazim kita temui.

10. Sigar jalak

Sigar jalak adalah tanaman endemik Indonesia yang postur Batang keras. Tanaman ini cocok untuk di aplikasikan kedalam bahan bonsai karena dari jenis kulit Batang bagus. Dari bentuk daun bulat kecil jika terus di pruning.

11. Bunga merak

Kembang merak  tau dengan nama latin Caesalpinia pulcherrima berasal dari Hindia barat & Amerika tropis. Bunga ini sangat mudah tumbuh. Bila mendapat sinar matahari penuh ia akan berbunga lebat. Bunga merak memiliki warna merah dan kuning.

12. Serut lanang

Pada umumnya, serut lanang memiliki batang berduri. Jika dilihat sekilas, pohon ini sangat mirip dengan pohon kaliage atau jerukan.

Sementara serut lanang sama seperti serut pada umumnya, yaitu memiliki batang berwarna putih keabu-abuan hanya saja dilengkapi duri tajam.

Bonsai Kaca Piring

Kaca piring merupakan jenis tanaman perdu tahunan dari suku kopi-kopian (Rubiaceae). Tanaman ini merupakan tanaman perdu tegak dengan tinggi sekitar 1-2 m.

Batangnya berkayu, bercabang, ranting mudanya terlapis lilin  dengan warna hijau kecoklatan. Bunga kacapiring memiliki warna putih dan beraroma harum semerbak. Permukaan daun tanaman kacapiring licin dan mengkilap.

Klasifikasi bunga kaca piring

  • Kingdom: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Ordo: Rubiales
  • Famili: Rubiaceae
  • Genus: Gardenia
  • Spesies: Gardenia augusta

Bunga kacapiring  merupakan salah satu komoditas bunga potong yang biasa digunakan dalam karangan bunga dan korsase.

Tanaman ini  mengandung senyawa seperti minyak atsiri, gardenin, genipin, gardenosid, geniposid, scandoside menthyl ester, tanin, mannitol, gentiobioside, klorgenin, krosetin, krosin, flavonoid, polifenol, sitosterol dan saponin.

Selain kaya akan manfaat, ternyata tanaman ini juga bisa dijadikan tanaman hias dengan cara dikerdilkan menjadi bonsai.

Bonsai waru

Tanaman waru mempunyai nama latin Hibiscus sp, ia berasal darianggota famili Malvaceae. Malvaceae merupakan famili tanaman perdu yang di dalamnya berisi tanaman penghasil serat tekstil dan minyak atsiri.

Tanaman yang biasanya dijadikan bonsai adalah tanaman yang memiliki daun berukuran sedang atau kecil. Hal itu karena agar saat dibonsai menghasilkan tanamana yang proporsional.

Sepertinya akan susah jika membuat waru merah menjadi bonsai karena ukuran daunnya yang lebar dan besar. Berikut adalah beberapa jenis waru yang dapat dibonsai:

Jenis Bonsai Waru

Ada beberapa jenis waru yang biasa dibonsai. Berikut adalah penkjelasannya :

Bonsai Waru Lokal

Waru lokal berbeda dengan waru impor. Tanaman ini yang berasal dari Indonesia memiliki daun yang lebih besar. Kita msih bsa dengan mudah menemukan tanaman ini karena populasinya masih banyak.

Orang akan lebih tertarik dengan tanaman yang memikiki populasi yang sedikit dan sulit didapatkan. Meskipun demikian, dengan ketekunan dan kreativitas yang tinggi, bukan menjadi hal yang mustahil untuk menghasilkan bonsai yang indah.

Bonsai Waru Merah

Waru merah adalah salah satu jenis varietas waru lokal berdaun merah. Selain warna daun, tidak ada yang membedakan antara waru merah dengan waru lokal lainnya.

Masih jarang para seniman bonsai yang mencoba untuk membuat tanaman bonsai waru. Hal itu dikarenakan sulitnya pohon waru untuk dijadikan bonsai.

Tingkat kesulitan itu karena ukuran daunnya yang besar serta pertumbuhan daunnya tidak bisa dijadikan lebat, mesi dipangkas berkali-kali.Selain itu, batangnya yang sulit dibuat ukuran besar sehingga banyak seniman bonsai hanya membuat bonsai sederhana.

Itulah beberapa tanaman liar yang bisa dijadikan bonsai. Masih banyak lagi tanaman liar yang bisa dijadikan bonsai yang membuka peluang pecinta bonsai untuk berkreasi. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar