Bonsai Tanaman Semak, Layak Jual dengan Harga Tinggi

  • Whatsapp
Bonsai Tanaman Semak
Ilustrasi Bonsai Tanaman Semak/Pixabay/phamphuonglinh

BONSAIKU – Saat mendengar kata bonsai tanaman semak, pasti pikiran Anda sudah tergambar sebuah tanaman semak berukuran kecil yang berada di dalam pot.

Agak aneh rasanya jika membayangkan tumbuhan di semak-semak yang tumbuh liar dan lebat berada pada satu pot dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Bacaan Lainnya

Namun siapa sangka jika ternyata tanaman di semak-semak merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa dibonsai.

Pasti Anda juga tidak asing lagi jika mendengar kata tanaman semak. Ya, karena tanaman ini dapat kita jumpai dengan mudah di lingkungan sekitar rumah, terutama pada lahan luas dan bangunan yang sudah lama kosong.

Sayangnya, sebagian orang menganggap tanaman semak sebagai tanaman pengganggu. Hal ini karena pertumbuhan tanaman ini sangat liar dan tidak teratur. Ia dapat tumbuh dengan sendirinya meskipun Anda tidak menanamnya.

Padahal, tanaman semak memiliki banyak manfaat dan kegunaan, salah satunya untuk bonsai. Bonsai tanaman semak dapat dipilih untuk menjadi tanaman hias di rumah Anda.

Jika dirawat dengan baik, bonsai semak akan terlihat indah dan menambah nilai estetika tersendiri. Sama halnya bonsai dari tanaman liar.

Tanaman Semak Untuk Bonsai

Semak merupakan tanaman yang mempunyai banyak ranting dan cabang yang relatif pendek. Tanaman ini  cenderung pendek dan tidak terlalu tinggi seperti pohon. Pada umumnya, tinggi tanaman semak hanya sekitar 1 meter.

Beberapa karakteristik semak tidak jauh berbeda dengan tanaman perdu. Perbedaannya hanya terletak pada ketinggian tanaman. Tinggi tanaman perdu berkisar antara 5-6 meter. Tanaman perdu juga banyak tumbuh di daerah semak belukar.

Berikut ini kami sampaikan beberapa tanaman di semak-semak yang dapat berubah menjadi bonsai.

  • Mangisan / Ileng-ileng

Tanaman semak mangsian / ileng-ileng merupakan salah satu tanaman yang cocok untuk bonsai karena mudah didapat, dan cara budidaya maupun perawatannya tergolong tidak sulit.

Tanaman ini sering terdapat pada daerah semak belukar dan tingginya dapat mencapai 4-6 meter. Di daerah perkotaan, tanaman mangisan atau ileng-ileng dapat dijumpai di sekitar bangunan-bangunan tua yang juga penuh dengan semak-semak.

Orang jawa menyebutnya tanaman mangsian karena tanaman ini memiliki buah berwarna ungu yang menghasilkan warna seperti mangsi (bahan isi untuk pena). Bentuk batangnya kecil dan menjulang tinggi ke atas. Apabila Anda ingin mengubahnya menjadi bonsai, maka Anda harus memilih tanaman yang usianya sudah tua agar mendapatkan bonggol yang besar.

  • Putri Malu

Anda tentu tidak asing lagi dengan nama tanaman ini. Ya, putri malu adalah tanaman yang khas dan menarik perhatian siapa saja yang melihatnya karena keunikan daunnya yang bisa menutup saat tersentuh kulit manusia.

Tak ada yang menyangka, bahwa tanaman liar yang kerap disebut semak belukar dan tidak bernilai, bahkan disebut gulma ini bisa menjadi perhatian pecinta tanaman hias.

Maka dari itu, teknik dan gaya bonsai yang digunakan harus dikuasai dengan baik, maka memadupadankan dengan pot kecil yang indah akan semakin cantik.

  • Sidaguri atau Tambat Sapi

Tanaman ini memiliki bunga berbentuk corong dan daun  yang mirip dengan bentuk love. Batang tanaman sidaguri memiliki banyak ranting yang kuat dan banyak sehingga bagus untuk menjadi bonsai.

Salah satu tips untuk merawat bonsai sidaguri agar ia hidup sehat dan bertahan lama adalah dengan memotong bunga yang tumbuh di setiap ranting.

Mengapa demikian? Hal ini karena jika bunga tersebut menjadi buah, maka akan mengambil banyak asupan gizi yang terkandung dalam tanaman ini.

Selain untuk bonsai, tanaman ini juga memiliki banyak manfaat lain seperti untuk obat rematik dan asam urat.

Cara Budidaya Bonsai Tanaman Semak

Bonsai Tanaman Semak
Ilustrasi Bonsai Tanaman Semak/Pixabay/phamphuonglinh

Cara budidaya bonsai semak tidak jauh berbeda dengan tanaman lainnya. Hal pertama yang Anda lakukan adalah memilih batang utama dan akar yang cukup kuat sebagai bakalan atau bonggol yang akan ditanam.

Setelah itu, pilih cabang-cabang mana yang akan Anda gunakan. Anda dapat memotong bagian cabang yang mengganggu tidak Anda inginkan.

Proses pemotongan cabang ini akan membuat bonsai semak Anda terlihat rapi dan indah. Sisa cabang yang tersisa dan ingin dibentuk pun bisa dilakukan, yakni dengan menggunakan kawat.

Untuk menghasilkan bentuk yang sesuai dengan keinginan, Anda harus rutin memeriksa ranting dan cabang selama proses pertumbuhannya.

Jika langkah tersebut sudah selesai,  maka langkah terakhir yaitu memindah tanaman tersebut ke dalam pot yang sudah terisi tanah.

Untuk menjaga bonsai semak agar tumbuh subur, Anda juga harus rutin menyiram tanaman ini secukupnya.

Media Tanam Bonsai Tanaman Semak

Selain pemilihan batang dan akar, media tanam juga merupakan faktor yang tak kalah penting untuk menghasilkan bonsai semak yang bagus. Salah satunya penggunaan tanah.

Dalam hal ini, pemilihan tanah juga memerlukan perhatian lebih karena di sinilah terjadi pembentukan batang, dahan, dan ranting bonsai semak.

Tanah yang baik untuk bonsai semak adalah tanah dengan kadar humus sedikit. Anda juga harus bisa menjaga kelembaban tanah tersebut.

Namun ingat! Jangan sampai tanahnya kekurangan air dan jangan biarkan terlalu banyak menerima air agar tanahnya tidak menggumpal.

Karena dalam hal ini, kondisi tanah yang menggumpal dapat menyebabkan bonsai semak menjadi cepat mati.

Pemberian pupuk bonsai penting dilakukan agar tanaman tumbuh subur. Sebab, pupuk mempercepat pertumbuhan bonsai.

Tips Agar Bonsai Tanaman Semak Bagus dengan Harga Jual Tinggi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat ini tanaman bonsai tak hanya menjadi tanaman yang dapat membuat rumah menjadi indah, namun bonsai juga dapat menambah pundi-pundi uang apabila Anda bisa memperlakukannya dengan istimewa.

Tak hanya sekadar menyiram dan memberi pupuk, bonsai semak perlu perawatan khusus agar memiliki harga jual yang tinggi. Dengan perawatan yang extra, bonsai akan tumbuh indah dan membuat orang-orang yang melihatnya menjadi kagum.

Agar bonsai tanaman semak bagus dan memiliki harga jual tinggi, maka Anda harus memahami keserasian, kesimbangan, perantingan atau percabangan, dan penataan bonsai.

Bonsai semak yang memiliki bentuk selaras dan bentuk perantingannya bagus akan memiliki daya jual yang tinggi. Untuk mengatur bentuk perantingannya, Anda dapat menggunakan kawat sebagai alat bantu sebagaimana penjelasan sebelumnya.

Itu tadi informasi seputar bonsai tanaman semak, contoh tanaman semak yang bisa menjadi bonsai, cara budidaya bonsai semak, media tanam bonsai semak, dan tips agar bonsai tanaman semak memiliki harga jual yang tinggi.

Semoga bermanfaat!. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *