Cara Budidaya dan Merawat Bunga Daylily di Indonesia

  • Whatsapp
Budidaya Bunga Daylily Indonesia
Ilustrasi Cara Merawat, Menumbuhkan dan Budidaya Bunga Daylily/Pixabay/Gomca

BONSAIKU – Bunga Daylily bisa menjadi salah satu tanaman hias di Indonesia yang harus kamu budidaya. Cara merawat Daylily atau yang juga kerap ditulis dengan Daylili ini cukup mudah. Apalagi kamu adalah seorang pecinta bunga.

Di berbagai negara, khususnya yang berada di kawasan Timur dan Eropa Tengah, tentu sudah tidak asing lagi dengan tanaman hias Daylili ini.

Bacaan Lainnya

Pasalnya, Bunga Daylily tumbuh (Hemerocallis) dan telah menjadi kesenangan bagi para tukang kebun selama berabad-abad.

Dari sekitar 15 spesies asli yang ditemukan di Timur dan Eropa Tengah, sekarang diketahui jenis Daylili ini memiliki sekitar 35.000 hibrida untuk bisa dipilih sebagai koleksi halaman rumah, dan bahkan lebih banyak lagi yang datang di setiap tahunnya.

Jadi, bunga daylili ini kerap juga disebut sebagai tanaman tradisional yang lebih tua mati kembali selama musim dingin, tetapi ada varietas semi dan hijau baru.

Meskipun bunganya yang indah hanya bertahan satu hari, rumpun dewasa dapat menghasilkan 200-400 bunga mekar selama sebulan atau lebih.

Cara Menanam Bunga Daylily

Tak sedikit juga yang mencoba menanam daylilies sebagai spesimen tunggal atau secara massal sebagai penutup tanah untuk lereng, keindahan ini akan menjadi tambahan yang menyenangkan untuk taman mana pun.

Cara menanam daylily ini sangat menyenangkan bagi para tukang kebun di akhir pekan yang tidak punya waktu untuk penanaman fussier.

Jadi menanam daylili dengan cara spesimen tungga atau secara massal bisa menjadi salah satu cara yang kita tiru untuk mempercantik halaman kebun rumah kita.

Apalagi daylili ini ditanaman dengan kondisi tanah yang berlereng. Tentu menampilkan kecantikan ketika berbunga yang sangat rupawan.

Terlebih di kanan kiri sebagai teman ada banyak jenis tanaman yang bisa jadi bonsai yang dapat dijadikan pilihan. Perpaduan beraneka ragam gaya bonsai yang unik semakin mempercantik halaman akan kehadiran daylily ini.

Dalam membahas cara menanam daylili, perlu juga dicatat bahwa mereka lebih menyukai tanah yang sedikit asam, tetapi sekali lagi, mudah beradaptasi.

Pilih situs di mana daylili Anda yang sedang tumbuh akan menerima setidaknya enam jam sinar matahari. Matahari pagi paling baik, terutama di daerah yang lebih hangat di mana matahari sore yang terik dapat menghanguskan dedaunan.

Di sini sekali lagi, tanaman yang kuat ini akan tumbuh dengan lebih sedikit, tetapi mekar tidak akan seproduktif. Beberapa tips untuk memaksimalkan pertumbuhannya adalah sebagai berikut:

  • Potong dedaunan hingga 6 inci (15 cm.).
  • Gali lubang Anda dua kali lebih lebar dan sedalam penyebaran akar.
  • Tempatkan tanaman sehingga tajuk (bagian tempat akar bertemu dengan batang) berada sekitar 2,5 cm di bawah permukaan tanah.
  • Isi lubang dengan tanah dan air yang telah diubah dengan baik.
  • Setelah menanam daylili, biarkan mereka disiram dengan baik selama beberapa minggu sampai akarnya terbentuk.

Cara Merawat Bunga Daylili

Cara merawat bunga daylili sangat mudah. Apalagi daylily merupakan tanaman yang sangat kuat. Bahkan ia bisa tumbuh subur dengan perawatan dan penggunaan pupuk tanaman yang baik sesuai kebutuhannya.

Dalam menanam daylilies ini, awal musim semi atau awal musim gugur adalah waktu terbaik. Anda dapat menanamnya dengan sukses selama Anda bisa menggali lubangnya, memindahkan dari satu tempat ke tempat lain dengan tidak merusak perakarannya.

Jika itu berhasil, maka dalam proses perawatan sangatlah mudah. Sebab, merawat daylili dimulai dengan menanam. Jika tanah Anda berpasir atau tanah liat yang berat, ubahlah dengan banyak bahan organik.

Daylili adalah penanam yang kuat dan dapat dibagi setiap tiga atau empat tahun. Karena banyaknya varietas, mereka membuat spesimen yang bagus untuk diperdagangkan dengan tetangga dan teman.

Informasi tentang merawat daylilies dan bagaimana cara menanam daylili? Mudah untuk mengatakan tetap menempel di tanah dan menjauh, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan saat merawat daylili untuk mendapatkan hasil maksimal dari para penumbuh tangguh ini.

Anda hanya membutuhkan pupuk 10-10-10 dasar di musim semi dan selama mekar, meskipun tukang kebun yang berspesialisasi dalam perawatan daylily akan merekomendasikan lebih sering.

Setelah tumbuh, tanaman yang kuat ini akan tahan terhadap kekeringan. Air sesuai kebutuhan. Setelah tumbuh dan tumbuh, daylili bekerja paling baik jika Anda membuang biji polongnya.

Meninggalkannya di tanaman akan memperlambat mekar tahun berikutnya. Di awal musim semi, perawatan daylily terdiri dari membuang daun-daun mati dari tanah sekitarnya dan menyiangi.

Penutup mulsa akan menahan gulma meskipun tidak diperlukan untuk tanaman itu sendiri. Setelah dewasa, daun daylily menjadi sangat lebat, mereka cenderung menaungi gulma di sekitarnya.

Hama Penyakit Pada Tanaman Daylily

Berbicara hama dan penyakit pada tanaman hias memang kerap menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan agar tanaman terus tampil baik.

Karena hama dan penyakit ini memiliki risiko besar terhadap tanaman, tak hanya rusak, bahkan kematian. Sementara untuk bunga daylily ini, penyakit jarang terjadi.

Namun memang, dalam fase perawatan tanaman daylili harus diambil dan dilakukan dengan tahapan yang baik.

Sebab, bagaimanapun, ketika datang kutu daun (hama tanaman) atau thrips dan biasanya masalahnya dimulai dengan tanaman taman lain terlebih dahulu.

Maka itu, dalam hal ini yang bisa dilakukan adalah dengan penggunaan insektisida serba guna, baik organik atau kimiawi, atau semprotan air yang kuat biasanya mengatasi masalah ini.

Manfaat Tanaman Daylily Berbunga

Bunga Daylily dengan taman yang dibuat memiliki banyak manfaat yang bisa Anda segera rasakan. Tak sekadar keindahan karena bunga bermekaran saja. Melainkan bisa menjadi sumber pendapatan, atau bisnis taman.

Karena kecantikan bunga bermekaran ini bisa menjadi spot foto terbaik pada taman bunga Anda. Namun memang harus diperhatikan betul, agar semenarik mungkin orang berkunjung ke taman bunga daylili Anda tersebut.

Taman bunga daylily ini bisa menjadi pusat kebun, rujukan, tempat belajar, observasi, atau bahkan ruang bisnis, dan budidaya lainnya yang berkesinambungan. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *