Cara Membuat Bonsai Bunga Kertas, Ini Tips Mudahnya

  • Whatsapp
Cara Membuat Bonsai Bunga Kertas
Ilustrasi Bonsai Kertas/Pixabay

BONSAIKU – Bonsai bunga kertas akhir-akhir ini hangat diperbiincangkan dikalangan para  pecinta bonsai. Banyak masyarakat yang tertarik dengan tanaman ini.

Tanaman ini biasanya ditanam dipekarangan rumah dengan variasi warna bunga yang beragam. Pohon tanaman bunga kertas memiliki duri yang berukuran cukup besar dan bisa melukai kita jika kita tidak berhati-hati.

Tidak hanya bunga kertas saja, namun banyak bonsai tanaman liar lain yang juga berduri, seperti bonsai putri malu.

Karena keindahan bunga ini dengan kerapatan daun dan bunganya, para pecinta bonsai mengubah tanaman ini menjadi bonsai.

Tingginya minat masyarakat terhadap bunga kertas, semakin meningkat saat bunga kertas dijadikan bonsai.

Bunga kertas yang dirubah dalam bentuk yang lebih kecil dari ukurang yang lazimnya kita lihat serta dengan bentuk-bentuk yang beragam meningkatkan nilai jual tanaman kertas.

Kreativitas bisa diekspresikan melalui bunga yang satu ini menjadi tanaman hias yang bisa mempercantik ruang kita, apalagi jika dipadukan dengan pot yang cantik.

Selain cantik, tanaman ini juga tergolong mudah untuk dibudidayakan.

Bunga kertas memiliki daun pelindung berwarna cerah dengan varian warna yang beragam. Bunga kertas bisa hidup disemua musim sehingga mudah ditanam.

Kemudahannya untuk tubuh serta variasi warna cerah yang beragam membuat tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan penghias rumah kita. Terutama saat dijadikan bonsai bunga kertas.

Sebelum kita mengenal lebih lanjut tentang bonsai bunga kertas, ada beberapa jenis bunga kertas yang patut kita ketahui. berikut penjelasannya.

Jenis-Jenis Varian Bunga Kertas

Kita pasti sering melihat bunga kertas dengan warna cantik yang beragam, ada jingga, merah, merah muda, atau bahkan ungu. Nah keberagaman itu membuat bunga kertas semakin dinikmati keindahannya.

Berikut adalah beberapa jenis bunga kertas.

1. Jenis Cherry Blosom

Bunga kertas jenis ini menjadi salah satu favorit bagi masyarakat Indonesia dengan cirikhas bunga yang berwarna merah muda dan seperti terdapat gradasi dengan warna putih seutuhnya.

Contohnya seperti jenis yang lain, bunag kertas jenis ini juga bisa mekar hampir setiap musiam.

2. Jenis Ater Glow

Bunga kertas jenis ini biasanya memiliki bunga yang berwarba jingga. Selain jingga, varian ini juga memiliki warna nampak seperti warna merah muda, serta coral.

Daunnya halus, tapi bertekstur. Warna itu semakin nampak mencolok karena daun yang berwarna hijau tua. Warna hijau tua pada daun membuat warna bunga semakin indah dipandang mata.

3. Bambino Baby  Victorina

Jenis bunga kertas  yang satu ini mempunya warna yang bisa dibilang unik dibandingkan dengan jenis bunga kertas yang lain.

Bunganya sangat indah memiliki warna magenta atau warna merah muda yang bergradasi dengan warna ungu. Sepertihalnya jenis bunga kertas yang lain, bunga kertas jenis ini juga bisa mekar hampir disetiap tahun.

4. Bambino Baby Lauren

Jenis yang satu ini memiliki bunga berwarna ungu yang membuat keindahan bunga yang memukau mata dan bisa mekar hampir setiap tahun.

5. Bambino ningili

Jenis ini merupakan salah satu bunga yang berasal dari keluarga Bougenville dengan bunga berwarna merah muda dengan daun berwarna hijau tua.

Seperti bunga kertas yang ainnya,  tanaman hias ini juga dapat berbunga hampir di sepanjang tahun.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis bunga kertas yang bisa kita temui, namun, penjelasan di atas hanya baru sebagian. Tentunya masih bbanyak varian yang bisa kita kreasikan yang memperluas kita untuk berkreasi.

Kita bisa menanamnya dipekarangan rumah kita. Nah berikut adalah cara dan langkah demi langkah untuk membuat bonsai bunga kertas.

Cara Membuat Bonsai Bunga Kertas

Ada beberapa upaya dan tata cara dalam membuat bonsai bunga kertas, berikut ini tahapan-tahapan dalam membuatnya:

1. Persiapan Bakalan

Jika kita ingin membuat bonsai bunga kertas, kita harus menyiapkan bakalan bonsainya dulu. Kita bisa membelinya atau juga bisa mendapatkannya dari dongkelan.

Saat kita sudah mendapatkan bibit, kita pangkas akar yang tidak beraturan dan sekiranya memngganggu pembentukan bonsai.

Sesuaikan agar akar bisa masuk kedalat pot atau tempat yang akan kita pakai. pangkas, rapihkan batang yang percabangannya tidak kita inginkan.

2. Persiapan Media Tanam

Media tanam merupakan salah satu hal yang penting dalam proses penanaman karena tanaman menyerap nutrisi untuk membantu proses tumbuh dari media tanam.

Nah, karena itulah perlu dipersiapkan media tanam untuk menanam bonsai.

Media yang digunakan bisa menggunakan tanah dan campuran pasir alah atau pasir malang dengan perbandingan 1:1, ditambahkan juga kompos untuk menambah nutrisi pada media tanam.

3. Tahap Penanaman

Setelah nbakalan dan media sudah siap, langkah selanjutnya adalah menanam bakkalan. Tanam bakalan didalam pot dan ditutupi dengan medai sampai tertutupi ujung batang bagian bawah.

Setelah itu, jangan lupa menyiram bakalan yang sudah ditanam agar kelembapan tetap terjaga.

4. Pembentukan

Tentu saja pembentukan juga menjadi langkah penting dalam pembuatan bonsai karena di tahap inilah kita bisa menentukan mau dibawa kemana bentuk dan disain dari tanaman bonsai.

Kita bisa membentuknya dengan menggunakan kawat. Sebelum dibentuk, kita bisa memangkas cabang yang tidak produktif dan tidak kita butuhkan. Kita pangkas sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Pembentukan kita lakukan dengan melilitkan kawat kebatang tang kita ingin bentuk. Kita bisa membentuknya melengkung ke bawah, kanan, kiri, atau tegak ke atas.

Lakukan proses pelilitan dengan hati-hati agar tidak melukai kulit batang yang nantinya akan meninggalkan bekas.

Cara Merawat Bonsai Kertas

Setelah kita membuat bonsai dan bonsai kita terbentuk, hal yang harus dilakukan adalah merawatnya agar tetap indah.

Perawatan yang bisa kita lakukan seperti penyiraman, pemupukan, penyiangan, pengendalian hama, dan pemangkasan.

1. Penyiraman

Penyiraman sangat diperlukan untuk menjaga kelembapan dari media tanam dan tanaman bonsai itu sendiri, serta memenuhi kebutuhan air pada tanaman. Siramlah satu hari sekali pada pagi atau sore hari.

2. Pemupukan

Pemberian pupuk menjadi sangat penting karena pemberian pupuk bisa menggantikan unsur hara atau nutrisi dalam media yang sudah terkuras oleh tanaman untuk membantu proses metabolisme.

Lakukan pemupukan dengan cara yang sesuai dan dengan ukuran dosis yang tepat. Kita bisa menggunakan pupuk organik ataupun pupuk kimia.

Meskipun pemupukan baik, jangan lakukan pemupukan secara berlebih karena hal itu akan merussak akar tanaman.

Jika akar tanaman rusak maka proses penyerapan pun akan terganggu dan bisa mempengaruhi proses pertumbuhan pada tanaman.

Berikan pupuk bonsai terbaik. Sebab, pupuk mempercepat pertumbuhan bonsai.

3. Penyiangan

Biasanya dalam media tanam suatu tanaman tidak hanya tumbuh satu tumbuhan saja. Kadang tumbuhan yang tidak kita tanampun ikut tumbuh, seperti gulma yang sering kita temui.

Jika kita menemukan gulma tumbuh dimedia tanam yang kita gunakan untuk menanam bonsai, kita wajib untuk membuangnya karena gulma juga akan menyerap unsur hara atau nutrisi dari media tanam.

Tujuan penyiangan agar penyerapan unsur hara tidak berebut antara bonsai yang kita tanam dengan gulma, sehingga proses penyerapan nutrisi bonsai yang kita tanam bisa maksimal dan pertumbuhanpun akan baik.

4. Pengendalian Hama Bonsai Bunga Kertas

Tanaman tidak jauh dari hama, seringkali tanaman yang kita tanam terkena hama, baik dari insekta atau jamur.  Hal yang bisa kita lakukan adalah mengendlikan hama dan penyakit yang menyerang tanaman kita.

Kita bisa menggunakan insektisida untuk mengatasi serangan hama insekta atau fungisida untuk mengatasi serangan jamur.

5. Pemangkasan

Proses pemangkasan masih tetap diperlukan meskipun bonsai kita sudah terbentuk , hal itu dilakukan untuk menjaga bentuk dari bonsai.

Proses pemangkasan juga berfungsi untuk mengontrol arah pertumbuhannya agar sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Jika kita tidak rutin melakukan pemangkasan, keindahan tanaman kita akan berkurang atau mungkin akan hilang. Dengan memangkas juga, kerapihan bonsai kita akan tetap terjaga.

Itulah beberapa informasi tentang bunga kertas dan cara menanamnya menjadi bonsai. Tentunya jika kita ingin mempunyai bonsai yang cantik kita harus mau merawatnya. Semoga membantu. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *