Cara Membuat Bonsai Bunga Mawar dengan Mudah

  • Whatsapp
Bonsai Bunga Mawar
Bonsai Bunga Mawar/Pixabay/Hans

BONSAIKU – Bonsai bunga mawar akan terlihat cantik jika dijadikan hiasan rumah kita, apalagi jika dibarengi dengan pot-pot  yang unik dan aestetik.

Kehadiran tanaman bonsai tersebut diperkarangan rumah akan tampil cantik, sama halnya kehadiran bonsai serut yang menjadi tanaman hias di setiap sudut rumah kita.

Bacaan Lainnya

Bunga mawar yang berduri ini sama halnya bonsai putri malu, yang habitat asli di alam biasanya tumbuh cukup tinggi. Apalagi jika tempat hidupnya di alam, misalnya berada dipekarangan rumah tanpa pot.

Bahkan dengan demikian itu, kerap kali mawar tumbuh dengan arah yang tidak beraturan, bahkan bisa terlihat berantakan jika tidak dirawat dengan baik dan durinya bisa membahayakan jika kita lengah.

Dengan dijadikannya bonsai, bunga mawar bisa tampil dengan lebih indah dan unik, bahkan tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas.

Selain itu banyak manfaat tanaman bonsai jika ada di rumah kita. Dengan ukurannya yang kecil, serta bentuk strukturnya yang unik, bonsai bunga mawar akan terlihat lebih menggemaskan dan menambah nilai seni.

Bunga mawar sendiri sudah sangat dikenal dan sangat populer dikalangan masyarakat. Banyak yang menjadikan bunga mawar menjadi tanaman yang menghiasi rumah mereka.

Selain karena bungannya yang cantik dan betuknya yang unik, keberagaman jenis bunga mawar yang memiliki warna beragam menambah minat para pecinta tanaman hias untuk mengoleksi mawar.

Bagi pecinta mawar, wajib banget nih buat tahu jenis-jenis mawar untuk menambah koleksi kamu dirumah. Berikut adalah beberapa jenis varian bunga mawar yang bisa kita ketahui:

Jenis Varietas Bunga Mawar yang Bisa Dijadikan Bonsai

Diketahui ada banyak jenis varietas bunga mawar yang bisa dijadikan pilihan sebagai tanaman bonsai. Berikut penjelasan dari masing-masing jenis varietas mawar tersebut:

1. Mawar Kubis

Jenis mawar ini, memiliki nama ilmiah Rosa centifolia. Jenis mawar hibrida ini dikembangkan sejak abad ke-17. Bunga ini sangat terlenal dengan ukuran mahkotanya yang cukup besar serta aromanya yang kuat.

Nama mawar kubis dinberikan pada jenis mawar ini karena kelopaknya yang bertumpuk sehingga menyerupai tanaman kubis.

Untuk merawat bunga mawar jenis ini bisa dibilang cukup rumit jika dibandingkan dengan jenis mawar yang lain.

Tidak semua tempat cocok untuk menanam tanaman ini, tanaman ini juga sangat mudah terserrang hama dan penyakit.

Meskipun demikian, jika kita merawatnya dengan tepat, bunga ini akan tumbuh dengan baik dan biasanya tumbuh disetiap musim semi atau musim panas.

2. Mawar Musk

Bunga mawar musk memiliki nama ilmiah Rosa moschata. Tanaman ini mampu tumbuh merambat hingga mencapai tiga sampai sepuluh meter.

Mawar jenis ini akan mekar seyiap akhir musim semi hingga musim gugur. Disekitar biji dibawah daging buah pada tanaman ini terdapat rambut-rambut yang dapat menyebabkan iritasi jika terkena kulit kita.

Selain bisa menyebabkan iritasi pada kulit kita, rambut itu juga bisa mengakibatkan masalah pasa sistem pencernaan jika dimakan.

Oleh karena itu kita harus berhati-hati jika menanam tanaman ini, apalagi jika kita memiliki anak kecil, perlu diperhatikan dan diawasi.

Jika bunga ini mekar, akan mengeluarkan aroma musk yang begitu kuat yang bisa kita cium dari kejauhan. Karena itulah, bunga mawar jenis ini serng dijadikan sebagai bahan pembuatan parfum.

3. Mawar Eden

Jenis mawar ini juga sering dikenal dengan nama Pierre de Ronsard . Mawar ini bisa tumbuh jika ditanam dengan kandungan air dan sinar matahari yang cukup.

Tingginya bisa mencapai hingga 180 sampai 330 cm. Diameter bunga ini buuisa mencapai 10 cm dan jumlah mahkota bunganya bisa mencapai 70 helai. Bunga ini biasa mekar diakhir musim semi sampai akhir musim panas.

4.Mawar Double Delight

Bunga mawar Double Delight ini merupakan hasil persilangan dari kultivar hybrid tea Granada dan Garden Party. Jenis mawar ini akan tumbuh dengan baik dikondisi yang cukup lembab dan sedikit asam.

Tinggi tanaman ini bisa mencapai hingga 90 sampai 150 cm.Bunga ini memiliki diameter pada mahkotanya sebesar 10 cm dan petalnya berjumlah 30 helai.

Aroma bunga ini bisa dibilang cukup unik karena memiliki aroma perpaduan antara buah jeruk dan aroma pedas. Warnanya tergantung dari seberapa banyak cahaya sinar matahari yang tertangkap.

Semakin tanaman ini mendapatkan sinar matahari, warna putih pada bunga akan berubah menjadi merah yang dimulai dari pinggiran mahkota.

5. Mawar Putri

Jenis mawar yang satu ini sangat mudah kita temukan di Indonesia. Mawar ini memiliki cirikhas warna merah tua yang masuk kedalam golongan bunga ganda karena mempunyai benang sari dan putik.

Bunga ini banyak sekali dicari, hal itu karena bunga ini memiliki aroma yang lebih harum dibandingkan dengan jenis mawar lainnya.

Selain itu, wangi dan kesegaran dari bunga ini bisa bertahan hingga sembilan hari setelah bunga itu dipetik. Tak heran jika kita bisa menjumpai penjual jenis mawar yang satu ini dengan mudah.

Kita bisa dengan mudah mendapatkan mawar ini dari para penjual tanaman hias. Selain kita bisa membeli dari para penjual tanaman hias, kita juga bisa menanamnya sendiri dihalanan rumah kita atau didalam pot bahkan dijadikan bonsai.

Perawatan mawar putri ini juga trergolong mudah, selama kita melakukan langkah demi langkah dari mulai menanam hingga merawatnya dengan benar.

Dengan menanam sendiri mawar putri, kita juga bisa mengkreasikannya dengan bebas .

6. Mawar Mega Putih

Cirikhas dari jenis mawar mega putih sangat terlihat pada  pinggir mahkotanya yang mengeriting. Saat bunga ini mekar, ukuran diameternya hingga mencapai 9 sampai 12 cm dan jumlah helai mahkotanya menca helai.

Meskipun mahkota bunga mawar ini cukup besar, tapi aroma dari bunga ini tidak begitu tajam. Kesegaran bunga ini bisa bertahan cukup lama, yaitu hingga sembilan hari setelah bunga ini dipetik.

Karena kemampuan bunga ini untuk mem[pertahankan kesegarannya, bunga ini kerap kali dibudidayakan untuk dijadikan bunga potong.

Kita bisa menjadikan bungan isi menjadi buket atau menjadikannya sebagai penghias ruangan dengan menyimpannya di dalam vas yang berisi air.

7. Mawar Pertiwi

Warna merah muda menjadi ciri khas dari mawar pertiwi. Saat bunga ini mekar, diameternya bisa mencapai 8-9 cm dan panjang tangkainya bisa mencapai 5-7 cm.

Pada umumnya tanaman mawar memiliki duri yang cukup banyak, tapi mawar jenis ini berbeda, tanaman ini memiliki duri yang cukup sedikit.

Cara Membuat Bonsai Bunga Mawar

Nah, di atas sudah dijelaskan tentang beberapa jenis bunga mawar yang bisa kita temui, selain itu, masih banyak lagi jenis-jenis mawar yang bisa kita temui.

Begitu indahnya tanaman ini membuat hampuir semua orang mengenal dan menyukai bunga ini.

Selain ditanam dipekarangan, kita bisa mengubahnya kedalam ukuran yang lebih kecil dengan bentuk yang unik, yaitu dengan cara menjadikannya bonsai. Berikut adalah cara membuat bonsai bunga mawar.

1. Persiapan Bibit Bonsai

Sebelum membuat bonsai, pastinya kita harus menyiapkan bibit bonsai terlebih dahulu, kita bisa mendapatkan bibit bonsai dengan cara membelinya atau menyeteknya sendiri.

Jika bibit sudah siap, kita pindahkan bibut dari tempat awal dan merapihkan akarnya agar bisa menyesuaikan luas pot baru, selain akar, kita juga bisa memangkas batang-batang yang sekiranya tidak produktif dan tidak kita butuhkan.

2. Persiapan Media Tanam

Siapkan media tanam untuk menanam tanaman bonsai. Kita bisa menggunakan tanaman bonsai menggunakan media tanam campuran tanah dengan pasir dan kompos.

3. Cara Menanam

Proses selanjutnya adalah penanaman, setelah bibit dan media sudah siap, kita masukan sebagian tanah kedalam pit, lalu masukan bakalan dan tutupi dengan tanah yang tersisa hingga tertutupi ujung batang bagian bawah.

4. Pembentukan

Dalam pembuaytan bonsai, pembentukan sangat penting karena disinilah bentuk bonsai akan ditentukan. Kita bisa menggunakan kawat untuk melilitkannya di batang yang ingin kita bentuk.

Kita bisa membentuk batang melengkung ke bawah, kiri, kanan, ataupun tegak ke atas. lakukan proses pelilitan ini dengan hati-hati agar tidak melukai batang, apalagi batang mawar yang tergolong tidak begitu keras.

Cara Perawatan Bonsai Mawar

Perawatan pada bonsai mawar tidak jauh berbeda dengan bonsai yang lain, yang pastinya kita harus menjaga kelembapan tanaman dengan cara melakukan penyiraman secara rutin dan memberikan sinar matahari yang cukup.

Selain itu, pemupukan sangat diperlukan untuk menggantikan nutrisi yang sudah dikuras tanaman untuk melakukan metabolisme.

Lakukan pemupukan dengan cara dan dosis yang sesuai dan berikan pupuk bonsai terbaik. Bahkan untuk mempercantik ada juga yang menggunakan micin untuk pupuk bonsai.

Namun dalam penggunaan micin ini harus disertai dosis penggunaanya yang tepat. Apalagi kita juga berharap pupuk mempercepat pertumbuhan bonsai.

Pemangkasan juga tak kalah pentik dalam perawatan bonsai karena dengan melakukan pemangkasan, kita bisa mengontrol arah pertumbuhan bonsai. Kita juga bisa menjaga tanaman bonsai agar tetap rapi dan terlihat indah.

Itulah sedikit informasi tentang mawar dan cara pembuatan, menanam, dan perawatan pada tanaman bonsai mawar. Semoga artikel ini bisa membantu. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *