Cara Menanam Bunga Geranium dan Perawatannya

  • Whatsapp
cara menanam bunga geranium
Bunga Geranium/Pixabay/Nowaja

BONSAIKU – Cara menanam bunga geranium ini cukup mudah, termasuk pemula yang akan menanamnya di dalam pot. Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan ketika akan menanam tanaman ini.

Geranium (Pelargonium x hortorum) dikenal sebagai tanaman alas tidur. Tanaman ini populer sebagai tanaman hias di taman.

Bacaan Lainnya

Namun Geranium tak hanya indah sebagai tanaman hias di taman saja, sebab seperti bahasan kita kali ini, kita bisa menanamnya di pot, menjadi tanaman hias di luar ruangan rumah minimalis anda, ataupun di dalam keranjang gantung.

Apakah anda pernah membayangkan memiliki tanaman hias di pot gantung rumah dengan warna bunga yang cantik?

Nah Geranium bisa menjadi solusi pilihan dari sekian banyak tanaman hias yang ada, seperti bonsai mawar, bonsai bunga kertas, dan tanaman hias lainnya.

Pada intinya adalah kita memahami karakteristik dari bunga Geranium ini. Simak bagaimana cara menanam dan perawatan Geranium dengan mudah.

Cara Mudah Menanam Bunga Geranium untuk Pemula

cara menanam bunga geranium
Bunga Geranium/Pixabay/Nowaja

Pertama yang harus anda pahami ketika ingin menanam bunga geranium adalah media tanam yang akan digunakan? Misalnya, anda akan menanam di lahan terbuka seperti tanah lapang atau taman, atau di pot.

Media tanam ini penting kita pahami sebelum menanam. Sebab, kebutuhan dalam menanam dan perawatannya akan sedikit berbeda. Jadi lokasi atau tempat ditanamnya Geranium ini juga harus kita perhatikan.

Ini sama halnya dengan cara menanam pakis boston? Ketika pilihannya dibiarkan menjadi tanaman liar, ditanam di pot seperti biasa, atau dijadikan bonsai pakis boston.

Jika menanam di pot, juga bisa dipastikan apakah akan dijadikan tanaman gantung atau hanya diletakan di sudut-sudut ruangan, atau lokasi yang akan jadi tempat bunga geranium berada.

Cara Menanam Bunga Geranium di Dalam Pot

Misalnya saja, pilihan Anda adalah bunga geranium akan diletakan di dalam ruangan, maka bunga geranium dalam perawatannya harus membutuhkan banyak cahaya untuk mekar, tetapi dapat bertahan dalam kondisi cahaya sedang.

Jadi ketika akan menanam juga bisa memahami, nantinya akan diletakan dimana? Akan tetapi satu hal yang penting adalah ketika akan menanam harus tahu juga suhu yang dibutuhkan tanaman, sehingga bisa adaptasi dengan baik.

Suhu untuk menanam bunga geranium yang dibutuhkan di dalam ruangan sekitar 65 – 70 derajat F. Selain itu, dalam suhu (18-21 C) pada siang hari dan 55 derajat F. (13 C) pada malam hari.

Teknik Menanam Bunga Geranium di Luar Ruangan / Tanah Lapang / Taman / DSB

Nah jika pilihannya menanam di dalam pot juga, karena sebagai penghias sudut ruangan dalam rumah, atau di sudut ruangan di depan rumah minimalis anda, yang juga tak kalah penting diperhatikan adalah drainase.

Pasalnya, bunga geranium merupakan tanaman yang memerlukan metode tanam di tanah pot yang memiliki drainase yang baik.

Sementara itu, ketika pilihan Anda adalah menanam di luar ruangan, misalnya akan dijadikan tanaman penghias taman rumah langsung ditanah bukan di dalam pot, beberapa catatan berikut penting diperhatikan, antaranya:

  • Bunga geranium membutuhkan tanah yang lembab
  • Tanaman bunga geranium membutuhkan tempat bidang tanah ditanam memiliki drainase yang baik, mirip dengan tanah pot dalam ruangan dengan jumlah tanah, gambut, dan perlit yang sama.
  • Temukan geranium Anda di area yang terkena sinar matahari setidaknya enam hingga delapan jam. Karena tanaman ini harus dilindungi dari dingin, tunggu sampai ancaman embun beku berlalu sebelum menanam.
  • Beri jarak tanaman sekitar 8 hingga 12 inci (20-30 cm.)
  • Terpisah dan memiliki kedalaman yang sama dengan pot tanam aslinya.
  • Mulsa tanaman juga disarankan untuk membantu mempertahankan kelembapan.

Cara Merawat Geranium Paling Sederhana

Cara Merawat Bunga Geranium
Bunga Geranium/Pixabay/_Alicja_

Bagaiman cara merawat bunga geranium? Utamanya agar tetap tampil cantik, bahkan menghindari kerusakan pada daun, batang dan bunga, serta tidak mati. Ini juga penting selain sekedar belajar bagaimana cara menanam bunga geranium?

Cara melakukan perawatan pada tanaman geranium ini secara sederhana adalah pada teknik penyiraman. Kebutuhan air pada tanaman perlu diperhatikan. Baik ketika geranium menjadi tanaman di luar ruangan ataupun di dalam ruangan.

Jadi yang harus dilakukan adalah ketika diketahui tanah mulai terasa kering di dalam ruangan atau setidaknya setiap minggu di luar ruangan dilakukan penyiraman.

Bisa saja dilakukan penyiraman setiap hari untuk tanaman yang terkena cuaca panas dan tanah kering tidak terasa lembab.

Saat menyiram tanaman luar ruangan, sebaiknya hindari irigasi di atas kepala, karena dapat menyebabkan masalah hama atau penyakit.

Pupuk Bunga Geranium

Demikian juga pentingnya pemupukan. Sama halnya dengan pupuk yang digunakan pada tanaman bonsai. Dalam bonsai, pupuk bonsai digunakan sebagai upaya mempercepat pertumbuhan tanaman bonsai.

Ada banyak didapatkan baik organik, maupun kimiawi, padat maupun cair pupuk mempercepat pertumbuhan bonsai di pasaran.

Bahkan kita bisa buat pupuk alami sendiri untuk tanaman bunga Geranium. Contohnya saja pupuk alami penyubur bonsai kelapa.

Pada tanaman geranium ini, dosis penggunaan pupuk perlu diperhatikan. Pupuk bisa larut dalam air atau pupuk dengan perbandingan 5-10-5 dengan bahan organik tambahan setiap empat hingga enam minggu selama musim tanam aktif mereka.

Selain perawatan bunga geranium, kita juga bisa perhatikan untuk rutin melakukan pergantian media tanam. Ini dilakukan ketika ada banyak tanaman yang layu, dan sudah beranak terlalu banyak.

Sehingga tanaman perlu dipindahkan ke media tanam yang baru. Ini sama halnya bunga geranium perlu direporting untuk memperbanyak tanaman ke media tanam yang lebih luas, atau yang baru.

Selain itu, Deadheading bunga juga perlu dilakukan. Ini akan membantu mendorong mekar tambahan.

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan tentang cara menanam dan merawat bunga geranium dengan mudah di dalam pot, bahkan di luar ruangan sebagai taman tanaman hias.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih. Salam. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *