Cara Menanam Strawberry Agar Cepat Berbuah

  • Whatsapp
Cara Menanam Strawberry Agar Cepat Berbuah
Ilustrasi Cara Menanam Strawberry Agar Cepat Berbuah/Pixabay/SteffenThielLpz

BONSAIKU – Dalam menggali informasi tentang cara menanam strawberry, para pemilik kebun atau tanaman tentunya ingin pohon buah miliknya tersebut diharapkan agar cepat berbuah.

Bahkan tanaman stroberi (Dalam arti bahasa Indonesia) hidup lama. Dalam artian produksi yang dihasilkan berjangka waktu yang cukup lama.

Saat ini di masa pandemi Covid-19, menanam atau budidaya adalah salah satu cara mengisi waktu luang, demikian juga menjadi solusi agar bisa meningkatkan produksi konsumsi rumah tangganya lewat apa yang dipanen dari yang ditanamnya.

Beragam cara menanam dapat dilakukan pada tanaman buah strawberry ini, sekalipun akan menjadi bonsai stroberi asal ia tetap berbuah cepat dan banyak, maka tak ada salahnya untuk kita coba.

Sama halnya dengan luas lahan yang terbatas, bonsai durian, bonsai pisang, bonsai belimbing, dan jenis bonsai buah dan sayur lainnya bisa menjadi pilihan untuk ditanam di perkarangan rumah minimalisnya.

Bahkan ada 100 jenis tanaman bonsai yang bisa ditanam, dari bonsai pohon, buah, dan bunga.

Sehingga, dengan harga hasil bumi yang terus meningkat, banyak keluarga telah menanam buah dan sayuran mereka sendiri.

Sementara buah Stroberi selalu menjadi buah yang menyenangkan, bermanfaat, dan mudah ditanam di kebun rumah. Namun, hasil stroberi yang berhasil dapat bergantung pada stroberi mana yang Anda tanam.

Cara Menanam Pohon Buah Strawberry Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Strawberry Agar Cepat Berbuah
Ilustrasi Cara Menanam Strawberry Agar Cepat Berbuah/Pixabay/SteffenThielLpz

Ada beberapa hal yang harus dipahami oleh kita semua, sebelum pada bagaimana cara menanam pohon buah strawberry ini agar bisa cepat berbuah dan buahnya lebat.

Pertama adalah tentang Klasifikasi Tanaman Buah Strawberry. Stroberi diklasifikasikan menjadi tiga kelompok:

  • Everbearing,
  • Day-Neutral,
  • atau June-bearing.

Namun, seringkali, stroberi netral hari juga dikelompokkan dengan jenis yang tumbuh subur. Nah upaya dalam menjadikannya subur, ini juga yang mempengaruhi pohon buah ini untuk bisa cepat berbuah.

Dengan melihat tanaman stroberi, Anda tidak dapat mengetahui apakah mereka subur, netral hari, atau bantalan Juni.

Oleh karena itu, kita harus mengandalkan label tanaman stroberi yang tepat di pembibitan dan pusat kebun untuk mengetahui jenis apa yang kita beli.  Sayangnya, pelabelan tanaman bukanlah ilmu yang sempurna.

Mereka bisa rontok dan tersesat, tanaman bisa diberi label yang salah dan, yang membuat kesal para pekerja pusat kebun.

Pelanggan terkadang menarik tag tanaman untuk membacanya hanya untuk menempelkan label kembali di tanaman terdekat.

Baca Juga: Bonsai Apel, Jenis dan Cara Membuatnya

Selain itu, banyak pembibitan memberi label stroberi yang subur dan stroberi yang netral di siang hari sebagai stroberi yang subur meskipun ada perbedaan di keduanya.

Namun, semakin berpengalaman Anda dalam menumbuhkan berbagai jenis tanaman stroberi ini, semakin Anda dapat mengenali kebiasaan tumbuhnya yang dapat dibedakan, jika labelnya salah.

Produksi buah, kualitas, dan panenlah yang membedakan antara berbagai jenis strawberry. Jadi kapan stroberi tumbuh subur dan kapan saya bisa memanen stroberi yang tumbuh subur?

Produksi buah pada tanaman stroberi yang berbuah bulan Juni dan tumbuh subur dipengaruhi oleh panjang hari, suhu, dan zona iklim.

Tanaman stroberi yang tumbuh subur mulai membentuk kuncup bunga ketika panjang hari adalah 12 jam atau lebih per hari.

Tanaman stroberi sejati yang subur menghasilkan dua hingga tiga hasil berbeda dari stroberi.

Satu tanaman di musim semi hingga awal musim panas, tanaman lain di pertengahan musim panas di iklim yang lebih sejuk, dan tanaman terakhir di akhir musim panas hingga awal musim gugur.

Meskipun mereka umumnya disebut stroberi yang tahan lama juga, stroberi netral hari tidak memerlukan panjang hari tertentu untuk menghasilkan buah.

Tanaman stroberi hari netral biasanya menghasilkan buah sepanjang musim tanam.

Namun, baik tanaman stroberi yang netral hari dan abadi tidak mentolerir suhu tinggi di musim panas; tanaman umumnya tidak menghasilkan buah dalam panas tinggi, dan bahkan mungkin mulai mati.

Tanaman stroberi yang tumbuh subur, termasuk varietas netral hari, paling cocok untuk iklim sejuk dan sejuk. Menumbuhkan Stroberi Abadi

Cara Menumbuhkembangkan Budidaya Stroberi

Meskipun tanaman stroberi umumnya dianggap kuat di zona 3 hingga 10, jenis yang tumbuh pada bulan Juni lebih baik di iklim ringan hingga hangat.

Sementara itu, untuk stroberi yang tumbuh subur tumbuh lebih baik di iklim yang lebih sejuk hingga sejuk.

Karena tanaman stroberi yang menghasilkan bulan Juni menghasilkan tanaman stroberi tunggal di musim semi hingga awal musim panas, embun beku di akhir musim semi dapat merusak atau mematikan buah.

Jika tanaman stroberi yang tumbuh subur dilanda embun beku yang terlambat, itu tidak terlalu merusak karena mereka akan menghasilkan lebih banyak buah sepanjang musim tanam.

Produksi buah ini adalah salah satu perbedaan utama antara stroberi berbuah Juni dan stroberi yang tumbuh subur.

Pembuahan bulan Juni biasanya hanya menghasilkan satu hasil tinggi setiap musim tanam, sedangkan stroberi yang tumbuh subur akan menghasilkan beberapa panen yang lebih kecil dalam setahun.

Tanaman stroberi yang kekal juga menghasilkan lebih sedikit pelari. Buah stroberi yang tumbuh kekal umumnya lebih kecil dari stroberi berbuah bulan Juni juga.

Baca Juga: Bonsai Ulmus: Klasifikasi, Cara Budidaya dan Perawatan

Jadi, kapan Anda bisa memanen stroberi yang tumbuh subur? Jawabannya adalah segera setelah buahnya matang.

Saat menanam stroberi yang tumbuh subur, tanaman biasanya akan mulai menghasilkan buah dalam musim tanam pertama mereka. Namun, pembuahan tahun pertama mungkin lebih sporadis dan jarang.

Tanaman stroberi juga menghasilkan lebih sedikit buah beri seiring bertambahnya usia. Setelah tiga hingga empat tahun, biasanya tanaman strawberry perlu diganti karena sudah tidak lagi menghasilkan buah yang berkualitas baik.

Beberapa varietas stroberi everbearing dan day-neutral yang populer adalah: Everest Seascape Albion Quinalt Tristar (day-neutral) Tribute (day-neutral).

Baca Juga: Bonsai Teh Tehan, Cantik Jadi Tanaman Hias di Rumah

Itulah beberapa hal yang bisa kita pelajari tentang cara menanam pohon buah strawberry agar cepat berbuah dan buahnya lebat.

Beberapa hal yang bisa dipahami juga terkait penggunaan pupuk. Jika ia bonsai, maka beri pupuk bonsai yang terbaik untuk memacu pertumbuhannya.

Sekian yang bisa disampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih. Salam. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *