Pupuk Bonsai Terbaik: Organik, Cair, NPK & Dosis

  • Whatsapp
Pupuk Bonsai Terbaik
Ilustrasi Pupuk Kompos Organik untuk Bonsai/Pixabay/melGreenFR

BONSAIKU – Sebelum mengenal jenis pupuk bonsai yang banyak digunakan, ada baiknya Anda mengenal lebih dulu apa itu bonsai. Bagi yang belum pernah bermain bonsai, pertanyaan mendasar seputar apa itu bonsai pasti akan muncul di kepala Anda.

Dalam pemahaman bahasa Jepang, “bon” artinya wadah kecil atau dangkal. Sedangkan “sai” artinya penanaman atau tanaman tumbuh di tanah.

Bacaan Lainnya

Ada banyak manfaat tanaman bonsai sejak dahulu sampai sekarang. Bonsai sendiri sebenarnya berasal dari China yang muncul pada masa Dinasti Han.

Munculnya tanaman bonsai berawal ketika para tabib di China banyak mengirimkan tanaman obat-obatan di dalam pot. Kemudian, tanaman ini menyebar ke Jepang dan menjadi terkenal pada abad ke-19.

Di Jepang, bonsai memiliki filosofi yang sangat mendalam. Tanaman ini mengandung makna bahwa kehidupan akan selalu berkaitan dengan unsur, manusia, alam, dan perubahan.

Menanam bonsai merupakan kegiatan yang menjadi hobi orang ningrat atau pada waktu itu dikenal sebagai orang-orang kaya. Dan setelah itu, bonsai mulai terkenal di seluruh dunia dan merupakan tanaman dengan umur panjang yang kaya akan unsur keindahan.

Bonsai adalah tanaman yang membutuhkan perawatan dan perhatian lebih dibanding tanaman-tanaman hias yang lain. Salah satu yang harus diperhatikan adalah proses pemupukan tanaman ini.

Seperti yang kita pahami bahwa proses pemupukan memercepat pertumbuhan dan mendukung kesuburan tanaman. Misalnya saja bonsai serut, untuk menjadikan pohon serut yang telah dibonsai ini tampil terbaik tentu perlu adanya pupuk untuk memperbaiki unsur haranya.

Untuk mengenal pemupukan secara mendasar, berikut ini kami sampaikan jenis-jenis pupuk bonsai yang dapat Anda gunakan ketika menanam bonsai.

Jenis Pupuk Bonsai Terbaik yang Banyak Digunakan

Pupuk Bonsai Terbaik
Ilustrasi Pupuk Kompos Organik untuk Bonsai/Pixabay/melGreenFR
  • Pupuk Kompos

Seperti yang kita ketahui bahwa pupuk kompos adalah jenis pupuk organik yang sangat berguna untuk mendukung unsur hara dan mempercepat pertubuhan tanaman. Tak heran jika para petani dan pegiat budidaya tanaman seringkali menggunakan pupuk kompos sebagai pilihan untuk menyuburkan tanaman mereka.

Pada umumnya, pupuk ini berasal dari sisa makhluk hidup yang terurai oleh makroorganisme ataupun mikroorganisme. Untuk mendapatkan pupuk kompos ini, Anda dapat membelinya di toko terdekat atau membuatnya sendiri.

Pembuatan pupuk kompos sendiri tidak terlalu rumit dan bahan-bahan utamanya juga banyak tersedia di lingkungan sekitar kita. Anda dapat menggunakan sampah makanan atau sampah organik seperti daun-daun kering dan buah-buahan busuk.

Selain bisa menghemat uang Anda, pilihan untuk membuat pupuk kompos sendiri dapat mengurangi prosentase jumlah sampah di bumi. Dan juga tentunya bonsai milik Anda akan semakin subur karena kaya nutrisi.

  • Pupuk NPK

Pupuk NPK merupakan pupuk yang mengandung 3 unsur hara makro yaitu nitrogren, fosfor, dan kalium. Ketiga unsur ini memiliki manfaat penting untuk pertumbuhan setiap tumbuhan.

Nitrogen yang dapat membantu pertumbuhan tanaman, fosfor yang dapat mendukung pembuahan tanaman, dan kalium yang berguna untuk memperkuat tanaman. Tak hanya 3 unsur makro ini, dalam pupuk NPK juga ada unsur mikro seperti sulfur, magnesium, klorida, mangan, dll (tergantung produsen).

Apabila Anda menjadikan pupuk NPK sebagai pupuk bonsai, Anda harus melakukan pemupukan dengan dosis yang pas sesuai kebutuhan bonsai tersebut. Pemupukan dapat Anda lakukan satu kali dalam satu bulan. Juga dengan memberi pupuk daun sebanyak tiga kali dalam satu bulan.

  • Pupuk Cair

Pupuk cair adalah salah satu jenis pupuk organik yang berasal dari kotoran hewan, manusia, atau sisa tanaman. Seperti namanya, pupuk ini merupakan pupuk yang berbentuk cair dan dapat dikatan sebagai campuran konsentrat atau cairan-cairan.

Contoh pupuk cair yang baik untuk bonsai adalah pupuk cair dari urine kelinci. Hasil penelitian BALITNAK atau Badan Penelitian Ternak memaparkan bahwa urine milik kelinci mengandung unsur hara nitogren, fosfor, dan kalium paling tinggi.

2.72% nitrogen, 1.1% fosfor, dan 0.5% kalium terkandung dalam urine kelinci. Prosentase ini lebih banyak dari pada jumlah kandungan unsur hara pada urine hewan lain seperti kuda, kerbau, babi, ayam, dll. Hal tersebut karena kelinci banyak mengonsumsi makanan hijau dan sedikit mengonsumsi air.

  • Pupuk Kimia

Pupuk kimia adalah nama lain dari pupuk buatan. Berbeda dengan pupuk organik, jenis pupuk ini tidak berasal dari bahan alam melainkan dari bahan-bahan kimia. Meskipun demikian, tak sedikit para petani atau pegiat budidaya yang juga menggunakan pupuk kimia.

Salah satu kelebihan pupuk kimia yaitu pupuk ini mengandung senyawa yang mudah larut sehingga tanaman lebih mudah menyerapnya. Sedangkan kelemahannya yaitu pupuk ini mengandung senyawa kalsium amonium nitrat yang dapat membahayakan tumbuhan.

Jika Anda ingin menggunakan pupuk ini dalam pemupukan bonsai, maka untuk menyiasati kekurangannya Anda dapat mencampur pupuk kimia dengan pupuk organik. Selain itu, dosis penggunaan pupuk kimia juga tidak terlalu banyak agar resikonya juga tidak terlalu besar.

Pupuk Bonsai Terbaik

Saat merawat tanaman bonsai, proses pemupukan memiliki peran penting dalam tingkat pertumbuhan dan kesuburan tanaman ini. Oleh karena itu, Anda juga harus menggunakan pupuk yang pas dan sesuai dosis.

Pupuk bonsai terbaik adalah adalah pupuk organik, yaitu pupuk alami yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup. Pupuk organik dapat berupa pupuk kompos, pupuk cair, pupuk kandang dll.

Penggunakan pupuk ini akan membuat Anda merasa lebih aman karena kandungannya yang sama sekali tidak membahayakan bonsai. Hal ini yang akan membuat tanaman bonsai  tumbuh kuat, subuh, dan besar.

Selain pupuk organik, Anda juga dapat menggunakan pupuk yang merupakan campuran antara pupuk organik dan pupuk kimia. Dengan kadar campuran yang seimbang dan dosis pemupukan yang pas, maka bonsai akan dapat tumbuh dengan bagus. Pastikan kadar pupuk kimianya tidak terlalu banyak ya!

Dosis Pupuk yang Dibutuhkan Untuk Mempercepat Pertumbuhan Tanaman

Untuk diketahui, bahwasannya, dosis pupuk pada tanaman bonsai ini juga menyesuaikan ukuran wadah atau pot yang digunakan.

Tak hanya itu saja, bahkan perlu diperhatikan juga, bahwa reaksi setiap dosis bergantung pada jenis pupuk apa yang Anda gunakan.  Ada yang sudah memperlihatkan hasilnya pada bulan ketiga, namun ada juga yang baru terlihat saat bulan kelima.

Jika pot bonsai Anda memiliki diameter sekitar 30cm, maka dosis pupuknya cukup 1 sendok teh. Sedangkan jika pot bonsai berdiameter sekitar 40cm – 60cm, maka dosis pupuknya bisa 1,5 sendok teh.

Sementara itu, untuk pot bonsai berdiameter 60cm – 80cm, maka dosis pupuknya  yaitu 1 sendok makan. Ukuran-ukuran yang lebih besar dapat merujuk pada penjelasan dosis tersebut.

Itulah jenis-jenis pupuk bonsai, pupuk bonsai terbaik, dan dosis pupuk untuk mempercepat pertumbuhan bonsai. Menggunakan pupuk yang sesuai akan membuat bonsai Anda semakin sehat.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 Komentar