Pupuk Mempercepat Pertumbuhan Bonsai (Organik-Kimia)

  • Whatsapp
Pupuk Mempercepat Pertumbuhan Bonsai
Pupuk Mempercepat Pertumbuhan Bonsai/Pixabay/Perkons

BONSAIKU – Pupuk mempercepat pertumbuhan bonsai karena pupuk memiliki peran penting dalam pemenuhan nutrisi pada bonsai. Pupuk adalah material yang biasanya ditambahkan pada media tanam.

Selain bibit yang baik serta media tanam yang sesui, perawatan, salah satunya pemupukan menjadi hal yang harus diperhatikan. Untuk itu pupuk bonsai yang digunakan juga perlu dicermati untuk bisa membantu proses pertumbuhan bonsai dengan baik.

Bacaan Lainnya

Jika kita bertekad untuk memiliki tanaman bonsai, tentunya kita harus mau merawatnya. Seindah apapun tanaman bonsai, jika ia tidak dirawat, perlahan keindahannya menurun bahkan bisa mati. Sepertihalnya kita memiliki peliharaan binatang, tanamanpun perlu dirawat dan diperhatikan.

Perawatan pada tanaman bonsai adalah penyiraman, penyiangan, pemupukan, penggantian media tanam, dan jangan lupa, bonsai haruslah rajin-rajin dilakukan pemangkasan.

Dengan pemangkasan kita bisa tetap mengontrol pertumbuhan bonsai agar tetap kerdil serta menjaga kerapihan bonsai agar tetap terlihat indah.

Dalam pemupukan tentunya haruslah dilakukan dengan tepat dan sesuai, gunakan pupuk bonsai terbaik untuk hasil maksimal. Selain memilih pupuk yang terbaik, lakukanlah pemupukan dengan dosis yang tepat.

Pemupukan tidak kurang dan juga tidak kelebihan. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas tips bagaimana menggunakan pupuk agar efektif dalam mempercepat pertumbuhan bonsai.

Alasan Pemupukan Penting untuk Mempercepat Pertumbuhan Bonsai

Pupuk Mempercepat Pertumbuhan Bonsai
Pupuk Mempercepat Pertumbuhan Bonsai/Pixabay/Perkons

Berikut beberapa alasan pemupukan pada tanaman bonsai penting, salah satunya adalah untuk mempercepat pertumbuhan:

  • Dengan melakukan pemupukan  pada bonsai, kita bisa mengganti atau menyediakan unsur hara dalam media tanam kita yang sudah terkuras. Unsur hara yang ada di dalam media tanam lama kelamaan akan berkurang karena digunakan oleh tumbuhan untuk melakukan proses metabolisme.
  • Jika tidak dilakukan pemupukan, kualitas bonsai akan menurun bahkan bisa mati.
  • Dengan pemupukan akan menyuburkan tanaman bonsai kita. Pemupukan tanaman bonsai tidak boleh sembarangan karena jika salah pemupukan bisa berdampak pada hasil bonsai.

Beberapa Hal yang Perlu diperhatikan dalam Pemupukan

Dalam budidaya bonsai, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, termasuk dalam pemupukan:

  • Pilihlah pupuk bonsai terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Gunakan jenis pupuk yang sesuai
  • Pupuk harus digunakan dengan benar sesuai caranya.
  • Jangan terlalu banyak memberikan pupuk pada bonsai. Pemberan pupuk yang bertebihan tidak baik. Alih-alih mendapatkan bonsai yang subur justru tanaman akas sakit karena pupuk yang terlalu banya akan membakar daun dan akar.
  • Lakukan pemupukan sesuai jenis pohon, usia, dan lakukan pada waktu yang tepat

Pupuk Organik untuk Bonsai

Pupuk organik merupakan pupuk yang berasal dari bahan-bahan organik yang tidak terdapat campuran zat kimia. Ada berbagai jenis pupuk organik, ada yang berbentuk kompos padat, ada juga berupa pupuk cair.

Berikut adalah alah satu cara pembuatan dan penggunaan pupuk untuk merangsang perbanyakan akar dan mempercepat pertumbuhan bonsai.

Cara Memperbanyak Akar dan Mempercepat Pertumbuhan Bonsai Dengan Pupuk

Ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan dalam hal ini, antaranya adalah:

1. Persiapan Alat dan Bahan Pupuk
  • Siapkan takaran air satu liter
  • Saringan dengan ukuran jaring yang cukup rapat
  • Jerigen yang mampu menampung 5-6 liter
  • Kita juga akan menggunakan corong air
  • Blender
  • 20 siung bawang merah yang sudah dikuas kulit bagian luarnya.
  • 3/4 gelas air untuk campuran bawang merah saat di blender
  • 3 liter Air cucian beras,
  • 2 liter air biasa
2. Pembuatan pupuk organik untuk tanaman bonsai
  • Siapkan 20 bawang merah yang sudah dikupas kulit bagian luarnya.
  • Masukan bawang merah ke dalam blender dan campur dengan  3/4 gelas air.
  • Setelah bawang merah diblender halus, saring menggunakan saringan hingga tersisa hanya airnya saja. Dalam pembuatan pupuk ini yang digunakan hanya air dari bawang merah yang sudah di blender.
  • Air hasil dari proses penyaringan bawang merah dimasikan kedalam jerigen menggunakan corong air.
  • Kemudian masukan juga air cucian beras kedalam jerigen yang sama.
  • Masukkan juga 2 liter air biasa kedalam jerigen dan kemudian tutup dengan rapat
  • Simpan jerigen ditempat yang sejuk dalam keadaan tertutup selama kurang lebih 24 jam untuk proses fermentasinya.
  • Setelah 24 Jam barulah pupuk siap diaplikasikan pada tanaman kita.
3. Cara Pemakaian Pupuk Organik untuk Tanaman Bonsai

Untuk bahan bonsai yang baru saja lerpas sungkup, sebaiknya siapkan air fermentasi  ini. Cara penggunaannya disemprotkan pada pangkal batang, jika perlu pada batang juga, dan daun.

Tujuan penyemprotan pada pangkal batang agar akar bisa terangsang untuk lebih cepat tumbuh. Pada bagian batang disemprotkan agar tumbuh tunas-tunas baru.

Waktu yang tepat untuk mengaplikasikan air fermentasi ini pada bonsai sebaiknya dilakukan pada sore hari atau malam hari. Hal ini bertujuan agar air fermentasi ini bisa lama bekerja, mulai sore, malam sampai pagi.

Jika kita menggunakan pada pagi hari, saat suhu memanas, air fermentasi menguap, sehingga bekerjanya tidak maksimal.

Usahakan bahan bonsai yang masih baru di.akukan maksmal 2 kali seminggu, jika bonsai yang sudah berumur satu bulan atau lebih, bisa disemprot dengan mus ini seminggu sekali.

Pupuk Kimia untuk Tanaman Bonsai

Pupuk kimia atau pupuk biuatan adalah pupuk yang memiliki unsurhara cukup tinggi yang dibuat secara Kimia. Dekastar adalah salah satu jenisnya.

Dekastar termasuk kedalam pupuk majemuk biasanya disebut pupuk slowries. Pupuk ini bekerjanya cukup lambat, tidak langsung hancur, tidak seperti pupuk yang lainnya.

Bisa sampai sekitar enam bulan pupuk ini belum hancur, dekastar sama dengan NPK. Untuk dekastar sendiri terbagi menjadi 4 jenis, yaitu dekastar 13+13+13,  17+11+10, 18+9+10, dan dekastar 6+13+25. jenis tersebut menunjukan kode jumlah kandungan yang ada pada jeni dekastar.

kode pertama menunjukan unsur nitrogen (N), kode yang kedua adalah phospat (P), dan yang ketiga adalah kalium (K). Jika dekstar memiliki kode 18+9+10 berarti unsur yang paling banyak terkandung adalah unsur Nitrogen dan yang paling sedikit adalah kandungan phospat.

  • Dekstar 13+13+13, kandungan NPK dengan konsentrasi 13+13+13 cocok digunakan pada masa pertumbuhan.
  • Dekstar 17+11+10, kandungan NPK dengan konsentrasi 17+11+10 dirancang untuk pertumbuhan daun
  • Dekastar 18+9+10 , kandungan NPK dengan konsetrasi 18+9+10 sebaiknya digunakan pada tanaman yang sudah besar atau tua
  • Dekastar 6+13+25, kandungan NPK dengan konsetrasi  6+13+25 pupuk ini dirancang untuk merangsang buah

Kelebihan dari dekastar adalah jika media tanam kita masih subur, masih banyak terkandung unsur hara, dekastar akan melepas kandungan pupuknya dalam jumlah sedikit.

Namun jika media tanam kita sudah tidak subur, kekurangan unsurhara, dekastar baru memecah dan melepas kandungan pupuknya.

Dosis pemakaian dekastar untuk tanaman bonsai

Pupuk dekastar bekerja slowresis, agar lebih hemat dan efisien dalam menggunakan pupuk ini, kita bisa menggunakan netpot. Netpot ini memiliki bentuk seperti keranjang yang berukuran sangat kecil dan memiliki tutup.

Dibawahnya terdapat pegangan memanjang. Masukan pupuk dekstar kedalam netpot lalu tutup dan letakan diatas media tanam disekitar tanaman. Diletakan dengan cara menancapkan sisi panjang dibawah net.

Pupuk mempercepat pertumbuhan bonsai, bukan hanya bonsai bahkan tumbuhan lain. Pemupukan memang sangat baik untung menunjak kesuburan bonsai,namun pemupukan yang tidak sesuai justru akan berakibat buruk pada bonsai kita.

Lakukanlah pemupukan dengan benar dan tepat. Lakukan perawatan dengan rutin agar tanaman kita tumbuh baik. Semoga bermanfaat. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar